5 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Anti Ribet

20 Feb 2024 16:02 WIB

thumbnail-article

Sepasang mata dengan lingkaran gelap di sekelilingnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang memiliki masalah pada kantung mata? Kantung mata dan lingkaran hitam dapat muncul karena kelelahan atau tanda penuaan. Tak jarang kehadirannya membuat tidak percaya diri. Berikut cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya.

Kantung mata seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman. Pasalnya, wajah akan terlihat kurang fresh dan terlihat sangat lelah. Apalagi jika disertai dengan lingkaran hitam atau pembengkakan ringan di bagian bawah mata.

Penyebab munculnya kantung mata yaitu karena kelelahan, kurang tidur, hiperpigmentasi, penumpukan cairan di sekitar mata, dan stress. Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga mampu meningkatkan jumlah melanin di kulit sekitar mata.

Meski begitu, bukan berarti kantung mata tidak bisa dihilangkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya hilang. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemui di sekitarmu.

Cara menghilangkan kantung mata

Berikut cara alami menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam:

  • Tempelkan mentimun

Timun memiliki kadar air dan vitamin C tinggi yang mampu melembabkan kulit. Kandungan magnesium dan silikanya sangat baik untuk membantu mata agar terlihat lebih segar.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan memotong timun yang sudah dibersihkan. Timun tersebut kemudian ditempelkan ke area mata selama 30 menit. Ulangi cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  • Kompres dengan kantung teh

Kandungan kafein dalam teh mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan aliran darah ke kulit. Darah tersebut dapat memperlambat proses penuaan.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan menyeduh dua kantung teh selama 3-5 menit. Masukkan kantung teh di kulkas selama 20 menit. Setelah itu, peras kantung teh kemudian letakkan di area kantung mata. biarkan selama 15-30 menit.

  • Kompres air dingin

Caranya adalah dengan membasahi lap bersih menggunakan air dingin. Setelah itu, kompres mata selama beberapa menit. Jika tidak ada lap, kamu bisa menggantinya dengan sendok makan bersih.

  • Kompres dengan kentang

Kentang mengandung enzim, vitamin C, dan beberapa nutrisi lainnya yang dibutuhkan kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengupas kulitnya, parut kentang, kemudian masukkan dalam handuk bersih. 

Letakkan handuk tersebut di atas kelopak mata selama 10-15 menit. Ulangi aktivitas ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

  • Oleskan minyak zaitun

Selain untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit, minyak zaitun juga mampu menghilangkan kantung mata. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke kantung mata, kemudian pijat secara perlahan. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Demikian lima cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya. Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER