6 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata, Bikin Kulit Wajah Tampak Kencang

13 Juli 2023 09:07 WIB

Narasi TV

Kerutan di bawah mata. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kerutan pada wajah seringkali membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Apalagi jika kerutan tersebut berada di bawah mata. Tak heran jika mereka mencari cara menghilangkan kerutan di bawah mata agar kulit terlihat lebih kencang.

Kerutan atau keriput adalah penurunan fungsi elastisitas wajah yang membuat kulit mengalami pengenduran. Lapisan kulit yang menipis ini akan menimbulkan garis halus, tekstur kulit yang kasar, dan keriput pada kulit. 

Biasanya kerutan ini akan muncul di sekitar mulut dan leher. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagian lainnya pun bisa terdampak kerutan, salah satunya adalah bagian bawah mata.

Perlu diketahui, kerutan tidak hanya disebabkan oleh pertambahan usia. Orang-orang muda pun bisa saja mengalami kerutan. Hal tersebut karena penyebab kerutan bisa jadi karena stress, sering terpapar polusi, pencemaran lingkungan, dehidrasi, kebiasaan merokok, diet ketat, dan pancaran sinar matahari.

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Kerutan bukan sesuatu yang bersifat mutlak dan tidak bisa dicegah atau dihilangkan. Kamu bisa melakukannya baik dengan gaya hidup, treatment, atau menggunakan skincare tertentu. Berikut ini cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami:

  • Rajin menggunakan sunscreen (tabir surya)

Pada dasarnya, sinar UV membuat sintesis kolagen kulit berkurang. Zat kolagen ini adalah protein yang berfungsi membuat kulit awet muda, kenyal, dan bebas keriput. Apabila terpapar sinar UV terus menerus, maka kolagen pun akan rusak.

Solusinya adalah dengan menggunakan sunscreen setiap akan beraktivitas, terutama di luar ruangan. Cukup oleskan sunscreen dengan SPF minimal 30 sebanyak dua ruas jari untuk wajah. Jangan lupa untuk lakukan reapply setiap dua hingga tiga jam sekali disesuaikan dengan kebutuhanmu.

  • Hindari polusi udara

Polusi udara juga berdampak bagi kesehatan kulit. Apalagi kulit adalah bagian terluar tubuh yang pasti akan terpapar berbagai polusi udara. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari polusi udara setiap hari. 

  • Atur posisi tidur

Istirahat yang cukup juga bisa mengurangi potensi kerutan di bawah mata. Usahakan tidur secara terlentang karena posisi tengkurap dapat memicu kerutan di bawah mata.

  • Mengoleskan madu di bawah mata

Madu dipercaya mampu membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit. Tak heran jika madu dapat mengurangi kerutan di bawah mata. 

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu mentah asli di bawah mata. Kamu juga bisa mencampurkan dengan tepung beras yang dipercaya mampu menghidrasi kulit dengan baik. Gunakan masker mata ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  • Gunakan es batu

Kerutan di bawah mata juga bisa disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar. Solusi untuk memperlancar aliran darah tersebut bisa dengan es batu. Caranya cukup dengan mendiamkan es batu di bawah mata selama beberapa saat. 

  • Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Buah dan sayur memiliki antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti pepaya, alpukat, dan kentang untuk menghilangkan kerutan di bawah mata.

Selain dengan cara alami, kamu juga bisa mencegah kerutan di bawah mata dengan menggunakan rangkaian skincare. Kamu bisa menggunakan retinol yang kaya kolagen untuk mengurangi kerutan halus. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan krim anti kerut.

Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR