5 Cara Mengatasi Noda Luntur pada Baju Berwarna dengan Bahan Dapur

11 Mar 2023 12:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi orang yang sedang mencuci pakaian berwarna. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Mencuci baju bukan sekadar aktivitas membersihkan baju agar bersih dan wangi kembali setelah digunakan. Jika kita melakukannya asal-asalan justru membuat baju menjadi rusak. Apalagi jika baju kita sampai terkena noda luntur.

Noda luntur dapat disebabkan karena pakaian dengan warna berbeda dicampur menjadi satu, menggunakan deterjen berlebihan, atau bisa juga karena jenis kainnya. Tentu saja noda ini dapat membuat pakaianmu kusam, berubah warna, dan tidak enak dilihat.

Untuk menghilangkan noda luntur, kamu refleks akan mencari pemutih pakaian. Tapi, itu bukan cara yang tepat untuk menghilangkan noda. Apalagi jika pakaian yang kelunturan adalah baju berwarna.

Cara menghilangkan noda luntur

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna:

  • Rendam air panas dan deterjen

Masukkan baju berwarna yang luntur tersebut ke dalam air panas dan deterjen secukupnya. Setelah itu, tambahkan penghilang noda untuk baju berwarna secukupnya. Dalam hal ini, hindari penggunaan pemutih pakaian agar lunturnya tidak semakin parah. Rendam baju tersebut selama kurang lebih satu jam. Selanjutnya, kamu bisa bilas baju tersebut dengan air yang baru. Cuci lalu keringkan seperti biasa.

  • Gunakan baking soda

Jika kamu malas mencari penghilang noda di warung atau supermarket, kamu juga bisa memanfaatkan bahan dapur yang ada, salah satunya adalah baking soda. Kamu bisa melarutkan baking soda dan deterjen biasa ke dalam air secukupnya. Masukkan baju yang luntur ke dalam larutan tersebut dan rendam selama kurang lebih 15-25 menit. Selanjutnya kamu bisa mencuci baju seperti biasa.

  • Gunakan alkohol

Kamu cukup teteskan alkohol di atas noda luntur bajumu, kemudian diamkan selama beberapa menit. Jika noda tersebut sudah menghilang, baru kamu bisa mencuci baju seperti biasa menggunakan deterjen dan air.

  • Gunakan micin dan vetsin

Bumbu dapur yang satu ini bisa menjadi solusi noda luntur di baju berwarnamu. Kamu cukup campurkan micin atau vetsin ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan deterjen. Diamkan kira-kira selama 30 menit. Setelah itu, kamu bisa bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

  • Gunakan jeruk nipis

Selain untuk detoks tubuh, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Cukup dengan menggosok potongan jeruk nipis ke noda luntur selama lima menit, noda tersebut akan hilang. Selanjutnya kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa.

Tips mencuci baju

Agar baju tidak kelunturan dan cepat rusak, berikut beberapa tips mencuci baju yang bisa kamu terapkan:

  • Pisahkan pakaian sesuai warna, terutama untuk pakaian berwarna putih dan gelap.
  • Balik pakaian sebelum mencuci (bagian dalam menjadi luar ketika dicuci).
  • Jangan masukkan semua pakaian ke dalam mesin cuci. Sangat disarankan untuk mencucinya sedikit demi sedikit agar pakaian tidak cepat rusak.
  • Cuci beberapa pakaian khusus dengan cara kucek menggunakan tangan.
  • Gunakan air dingin untuk mencuci. Ini juga berlaku setelah kamu menghilangkan noda baju dengan merendamnya di wadah berisi air hangat.
  • Gunakan pelembut pakaian untuk mencegah pilling dan menjaga warna asli pakaian.
  • Jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat warna pakaian cepat pudar. Sangat disarankan untuk membalik pakaian bagian dalam menjadi luar saat menjemur.

 

Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER