Cara Jadi Kreator CapCut, Bisa Buat Tambah Penghasilan

7 Juni 2023 14:06 WIB

Narasi TV

Logo aplikasi Capcut. Sumber: capcut.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

CapCut adalah salah satu aplikasi edit video yang sangat populer. Banyak orang menggunakan CapCut untuk membuat video yang nantinya dibagikan di media sosial TikTok, Instagram Reels, dan lainnya. 

Aplikasi besutan ByteDance yang merupakan induk perusahaan yang sama dengan TikTok itu menawarkan berbagai fitur seperti filter, efek, template, hingga tampilan antarmuka yang sederhana.

Hal ini membuat pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi CapCut untuk menghasilkan konten video yang ciamik, bahkan bagi pemula sekalipun. 

Melalui CapCut, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi kreator dengan membuat dan mengunggah template video. Kreator CapCut bahkan bisa mendapatkan penghasilan jika template videonya diunduh oleh banyak orang. 

Penasaran gimana caranya buat jadi kreator CapCut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara jadi kreator CapCut

Sebelum dapat menjadi kreator CapCut, pengguna perlu membuat akun CapCut. Membuat akun di CapCut dapat dilakukan tanpa biaya apa pun alias gratis. 

Selain itu, pengguna disarankan untuk menghubungkan akun CapCut dengan TikTok untuk mempermudah proses pembuatan dan distribusi konten nantinya. 

Berikut ini langkah-langkah menjadi kreator CapCut:

  • Buka aplikasi CapCut.
  • Pilih menu “Template” di bagian bawah.
  • Klik banner “Menjadi Bintang Agency”. 
  • Pada halaman CapCut Agencies, akan ada beberapa agensi yang bisa dipilih. Untuk bergabung dengan agensi yang diinginkan, klik tombol “Add” dengan ikon orang dan tanda plus (+).
  • Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke akun grup Telegram dari agensi tersebut.
  • Klik “Join Grup” pada menu pop-up yang muncul.
  • Setelah berada di dalam grup Telegram agensi tersebut, cari tautan formulir pendaftaran untuk menjadi kreator.
  • Pengguna akan diminta memasukkan ID TikTok, ID CapCut, jumlah Followers TikTok, nama lengkap, nomor handphone, tautan video kreasi menggunakan CapCut, dan alasan memilih agensi.
  • Setelah selesai mengisi formulir, klik “Kirim”.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, agensi akan melakukan pengecekan dan peninjauan data untuk memastikan apakah pendaftar layak bergabung menjadi kreator di agensi tersebut. 

Pengumuman lolos atau tidaknya pendaftar biasanya akan diberitahukan dalam waktu 1–2 minggu. 

Jika berhasil lolos pendaftaran menjadi kreator, akan muncul notifikasi di aplikasi CapCut. Pengguna dapat mulai membuat template video dan mengunggahnya di aplikasi CapCut. Semakin banyak orang yang mengunduh template, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR