Cara Mudah Tarik Tunai Menggunakan Layanan QRIS

8 Dec 2023 14:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pengunaan QRIS. (Sumber: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kini menjadi salah satu cara pembayaran populer setelah diperkenalkan Bank Indonesia pada 17 Agustus 2023 lalu.

Selain dapat digunakan sebagai layanan pembayaran, QRIS juga digunakan untuk transaksi perbankan, termasuk tarik tunai.

Tarik tunai menggunakan QRIS dilakukan dengan cara memindai kode batang di mesin ATM atau merchant QRIS yang berperan sebagai agen atau mitra dalam proses tarik tunai.

Keunggulan utama dari fitur ini adalah memungkinkan pengguna untuk menarik tunai di mesin ATM tanpa perlu memiliki rekening bank, seperti menarik dari akun Uang Elektronik (UE) PJP non-bank.

Apa itu QRIS?

QRIS adalah suatu standar kode QR yang diterapkan di Indonesia untuk memudahkan transaksi keuangan elektronik.

QRIS menggabungkan fungsi dari dua standar sebelumnya, yaitu QR Code Standar Indonesia (QRIS) dan Standar Quick Response Code untuk Pembayaran (QR Payment Standard). QRIS digunakan untuk membaca informasi pembayaran yang disematkan dalam sebuah kode QR.

Dengan QRIS, konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran elektronik dengan cara memindai kode QR yang ada di merchant atau tempat pembayaran.

Selanjutnya, informasi tentang transaksi tersebut akan muncul di aplikasi pembayaran digital atau perangkat ponsel pintar konsumen. QRIS memudahkan proses pembayaran tanpa perlu memasukkan data pembayaran secara manual.

Secara lebih spesifik, QRIS memuat informasi seperti identifikasi pedagang, jumlah pembayaran, dan metode pembayaran yang dapat diakses oleh perangkat pembayaran elektronik. Hal ini memastikan bahwa pembayaran dapat diproses dengan cepat dan akurat.

QRIS merupakan bagian dari upaya pengembangan sistem pembayaran elektronik di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam melakukan transaksi keuangan.

Keberadaan QRIS juga mendukung inklusi keuangan dengan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan pembayaran elektronik, termasuk bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank.

Cara setor dan tarik tunai via QRIS

Proses tarik tunai melalui QRIS dapat dijalankan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi mesin ATM atau merchant QRIS yang berperan sebagai agen.
  2. Informasikan jumlah dana yang ingin ditarik.
  3. Lakukan pemindaian kode QRIS yang ditampilkan oleh mesin ATM atau merchant.
  4. Pilih sumber dana yang akan digunakan.
  5. Pastikan jumlah dana yang akan ditarik sesuai dengan keinginan.
  6. Masukkan PIN pada mesin merchant atau agen.
  7. Saldo akan dipindahkan ke merchant dan diberikan kepada pengguna.

Adapun biaya tarif untuk tarik tunai melalui QRIS telah ditetapkan sesuai kesepakatan dengan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) sebesar Rp6.500 per transaksi untuk transaksi "On Us" (transaksi tunai melalui mesin EDC) intra Penyedia Jasa Pembayaran (PJB) melalui agen dan transaksi "Off Us" (transaksi non-tunai melalui mesin EDC) antar PJB. 

Sementara itu, transaksi "On Us" dengan PJB melalui ATM tidak dikenakan biaya tambahan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER