Mahfud MD Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo: “Saya Bersedia Ikut Kontestasi”

18 Oct 2023 13:10 WIB

thumbnail-article

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kiri) didampingi bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kedua kiri) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kanan) menyampaikan pidato saat acara pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD resmi menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Rabu (18/10/2023), tepat satu hari sebelum pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan 19-25 Oktober 2023.

“Bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof. Dr. Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta.

Pengumuman ini dihadiri para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal Ganjar Pranowo. Mereka di antaranya Plt Ketua PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memberi kisi-kisi bacawapres Ganjar berinisial M. Pemilihan Mahfud MD sebagai cawapres adalah hasil perenungan mendalam dan dianggap sesuai dengan tantangan bangsa Indonesia saat ini.

“Pengetahuan beliau (Mahfud MD) di masalah hukum penuh dengan pengalaman dan pengetahuan,” ujar Megawati pada Rabu (18/10/2023).

Mahfud bersedia maju

Mahfud MD berkesempatan menyampaikan pidato usai diresmikan menjadi pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Menurutnya, ini adalah suatu kehormatan dan kebanggaan, serta amanah untuk meneruskan cita-cita Soekarno dan pendiri negara lainnya.

“Saya menyatakan bersedia untuk ikut kontestasi,” ujar Mahfud.

Ia menekankan pemberantasan korupsi, kepastian hukum dan konsistensi dalam penegakannya, memberi jaminan investasi dan pembangunan, serta perlindungan kepada masyarakat menjadi prioritasnya.

“Demokrasi adalah kedaulatan rakyat, sedangkan nomokrasi adalah kedaulatan hukum. Demokrasi tanpa nomokrasi akan anarkis, sementara nomokrasi tanpa demokrasi akan sewenang-wenang,” tegasnya.

Tak lupa, ia juga menyanjung Ganjar yang sudah lama dikenalnya sejak tahun 2004. Mereka sama-sama menjadi anggota parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Semasa Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah dan Mahfud di Mahkamah Konstitusi pun mereka sering bertemu dalam beberapa kesempatan.

Menurut Mahfud, Ganjar adalah figur pemimpin merakyat dan berani. Ia berani menerima kritik dan memperjuangkan nilai-nilai politik dengan benar. Ia bertekad akan mendedikasikan seluruh kemampuan, ilmu, sikap, dan keberanian bersama Ganjar untuk Indonesia.

Elektabilitas Mahfud MD

Beberapa lembaga survei di Indonesia telah melakukan pengukuran terhadap elektabilitas Mahfud. Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) sepanjang 1-8 Juli 2023, elektabilitas Mahfud MD berada pada 9,9 persen.

Kemudian menurut Litbang Kompas kategori tokoh cawapres Ganjar, elektabilitas Mahfud MD berada pada 33,9 persen. Survei ini dilakukan sepanjang 27 Juli-7 Agustus 2023. Sementara menurut Indikator Politik pada 25 Agustus-3 September, elektabilitas Mahfud berada di angka 5,7 persen.

Secara keseluruhan, elektabilitas Mahfud MD memang berada di bawah Erick Thohir dan Ridwan Kamil. Namun, namanya santer masuk dalam survei bacawapres sejak beberapa bulan terakhir.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER