Cara Cek Resi TIKI: Cara Mudah dan Simpel Memeriksa Keberadaan Paket

11 Oktober 2023 14:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pekerja TIKI memriksa paket barang kiriman sebelum dikirimkan ke alamat tujuan. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Salah satu cara untuk mengecek status pengiriman paket barang yang kita beli atau kirimkan adalah dengan mengecek nomor resi. Hal tersebut juga berlaku bagi pengguna jasa ekspedisi TIKI.

Ketika membeli barang secara online, salah satu jasa ekspedisi yang sering digunakan di Indonesia adalah TIKI.

TIKI adalah salah satu perusahaan ekspedisi terpercaya di Indonesia yang memiliki jangkauan luas mencakup 65 kota, 453 kabupaten, 500+ kantor cabang, dan 3700 outlet.

Layanan pengiriman perusahaan satu ini, biasa digunakan sebagai layanan pengantaran barang di berbagai marketplace populer seperti Blibli, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

Apa itu pengecekan resi TIKI secara online?

Pengecekan resi TIKI adalah proses mencari lokasi terbaru paket Anda secara realtime.

Pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan cara menelusuri nomor resi sebagai bukti pengiriman yang dibuat oleh penyedia jasa ekspedisi.

Ketika sebuah paket barang sampai di satu pos penyortiran, nomor resi digunakan penyedia jasa ekspedisi seperti TIKI untuk dicatat. Dari pencatatan tersebut pengguna jasa dapat mengecek telah sampai di mana paket yang dikirimkan.

Selain sebagai alat pengecek, nomor resi juga berfungsi sebagai bukti bahwa paket Anda telah benar-benar dikirimkan oleh toko online. Anda dapat memeriksa status paket TIKI menggunakan nomor resi.

Informasi dalam nomor resi TIKI

Sebelum kita bahas bagaimana cara memeriksa resi TIKI, mari kita pahami informasi yang terkandung dalam nomor resi barang Anda.

  • Identitas pengirim: Nama lengkap, alamat dari toko online, dan nomor kontak.
  • Identitas penerima: Nama lengkap penerima, alamat pelanggan, dan informasi kontak penerima.
  • Nomor resi paket: Kombinasi huruf dan angka dengan jumlah digit yang berbeda.
  • Detail barang: Jenis barang dan berat barang setelah ditimbang.
  • Biaya pengiriman: Ongkos kirim paket ke lokasi tujuan.
  • Jenis layanan ekspedisi: Jenis pengiriman paket seperti instan, same day, reguler, kilat, dan lainnya.

Ragam layanan

Layanan pengiriman TIKI disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pelanggan. Fleksibilitas dalam memilih layanan berdasarkan estimasi waktu pengiriman, biaya pengiriman, asuransi pengiriman, dan Anda dapat melakukan pengecekan resi TIKI secara online dengan memasukkan nomor resi TIKI. 

1. TIKI Economy Service

Pengiriman barang dengan biaya pengiriman ekonomis dibandingkan dengan layanan lain. Fasilitas yang lengkap, termasuk nomor resi, pengecekan lokasi, dan pengecekan resi TIKI.

2. TIKI Reguler

Pengiriman standar dengan biaya pengiriman yang wajar, tidak terlalu mahal atau murah. Estimasi waktu pengiriman berkisar antara 3 hingga 7 hari kerja, dapat diandalkan untuk semua kalangan. Cara memeriksa resi TIKI reguler dapat dilakukan melalui situs web.

3. TIKI Same Day

Layanan premium TIKI yang mampu mengirim barang dengan cepat, bahkan sampai ke lokasi tujuan pada hari yang sama atau bahkan dalam hitungan jam.

4. TIKI Two Day Service

Pengiriman dengan waktu maksimal ke lokasi tujuan adalah 2 hari kerja. Penggunaan layanan ini membutuhkan anggaran lebih karena biaya pengirimannya lebih tinggi dibandingkan dengan layanan reguler.

5. TIKI Overnight Service

Salah satu jenis layanan premium TIKI yang menawarkan pengiriman dalam 1 hari kerja. Meskipun biaya pengiriman lebih tinggi, kecepatannya dapat diandalkan bagi pelanggan yang ingin barangnya sampai dengan cepat.

6. TIKI Holiday Service

Layanan khusus untuk mengirim paket pada akhir pekan atau hari libur nasional. TIKI beroperasi 24 jam setiap hari, sehingga Anda dapat dengan nyaman mengirim paket pada hari libur dan malam hari.

7. Layanan Internasional TIKI

Anda dapat menggunakan layanan internasional TIKI untuk ekspor atau pengiriman reguler. Layanan ini memungkinkan pengiriman barang ke beberapa negara di luar negeri.

Cara memeriksa resi TIKI melalui ponsel

Sementara itu, untuk memeriksa resi paket yang tengah dikirimkan secara online, pelanggan TIKI dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs web resmi TIKI;
  • Saat berada di beranda, pilih opsi “Lacak Kiriman”;
  • Masukkan nomor resi Anda di kolom yang disediakan;
  • Klik tombol “Lacak”.

Demikian beberapa penjelasan terkait cara cek resi TIKI yang dapat Anda pelajari dan praktekkan langsung saat hendak ingin mengetahui status pengiriman barang Anda via TIKI.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR