Ciri-Ciri Akun TikTok yang Diblokir dan Cara Mengatasinya

14 Mei 2024 22:05 WIB

Narasi TV

TikTok. (Sumber: Pexels/cottonbro studio)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Akun TikTok memang cukup rawan terblokir atau kena banned, terlebih bagi pengguna baru. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika akun terkena blokir. Berikut ciri-ciri akun TikTok yang diblokir dan cara mengembalikannya.

Pengguna TikTok seringkali tidak sadar jika akunnya diblokir atau ditangguhkan, baik oleh sistem maupun orang lain. Meski begitu, kamu masih bisa mengeceknya dan mengembalikannya. Untuk mengeceknya pun tidak perlu waktu lama.

Jika akunmu diblokir atau terkena shadow banned oleh TikTok, maka kamu akan kesulitan menemukan konten yang lewat di for your page (FYP). Bahkan ketika kamu mengunggah konten pun tidak akan muncul di beranda.

Penyebab shadow banned umumnya dikarenakan konten atau profilmu mengandung unsur kekerasan. Meski tidak berniat menampilkannya, tetapi algoritma platform mampu mendeteksinya.

Lantas, bagaimana ciri-ciri akun TikTok yang ditangguhkan atau diblokir?

Ciri-ciri akun TikTok diblokir

Berikut ciri-ciri akun TikTok yang diblokir:

1. Tidak bisa login

Ciri yang pertama yaitu akun ter-log out otomatis. Saat ingin mencoba login kembali, kamu tidak bisa masuk ke akun tersebut. 

Bahkan nantinya kamu akan mendapat pesan melalui email yang menyatakan bahwa akun telah diblokir.

2. Akun tidak tersedia

Ketika kamu melihat nama akunmu melalui TikTok pengguna lain, mereka tidak bisa menemukan akun atau konten yang pernah dibuat. Nantinya akan muncul pesan yang menyatakan “akun tidak tersedia”. 

3. Tidak bisa menyukai konten

Ciri berikutnya yaitu kamu tidak bisa mengikuti atau menyukai konten pengguna lain. Bahkan kamu juga tidak akan menerima pengikut atau suka dari pengguna lain.

4. Tidak bisa unggah video

Terakhir yaitu kamu tidak bisa mengunggah video di akun TikTok-mu. Ketika mengunggah video pun perlu waktu yang lama untuk memproses akan muncul notifikasi “video dalam peninjauan”.

Cara mengatasi akun TikTok yang diblokir

Berikut cara mengatasi akun TikTok yang diblokir atau terkena shadow banned:

1. Hapus konten video yang melanggar

Jika ada video yang mendapatkan pemberitahuan telah melanggar panduan komunitas, maka segera hapus video atau gambar tersebut.

2. Hentikan aktivitas spam

Terkadang shadow banned bisa disebabkan karena akunmu terdeteksi melakukan aktivitas spam

Misalnya terlalu sering posting video untuk tujuan konten. Jadi, semenara hentikan aktivitas spam tersebut.

3. Hapus aplikasi dan install ulang

Cara lainnya adalah dengan menghapus aplikasi TikTok dan lakukan install ulang. Dengan begitu, aplikasi akan bersih dari data sementara (cache) dan melakukan pembaruan.

4. Tunggu 1-2 minggu

Biasanya shadow banned akan berlangsung 1-2 minggu saja. Jadi, kamu bisa menunggu penangguhan TikTok selesai. Dengan begitu, kamu bisa kembali mengunggah konten-konten video di TikTok.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR