Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal, Jangan Sampai Kamu Jadi Korbannya

19 Mei 2024 09:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi - Peringatan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mewaspadai jebakan pinjaman online ilegal, Minggu (10/9/2023). Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal belakangan ini telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Tak jarang teror Pinjol melakukan penyadapan terhadap perangkat pengguna. Untuk menghindari itu yuk kenali ciri-ciri hp disadap pinjol illegal.

Penyadapan ini biasanya berujung meretas dan mengambil data-data dari perangkat pengguna, mulai dari galeri foto, kontak telepon sampai informasi rekening melalui layanan perbankan digital atau m-banking.

Sebagai langkah awal untuk melindungi diri dari penyadapan pinjol illegal, yuk kenali ciri-ciri pinjaman online illegal dan hp disadap pinjol illegal.

Ciri-ciri pinjaman online ilegal:

  • Tidak terdaftar/tidak berizin dari OJK
  • Menggunakan SMS/Whatsapp dalam memberikan penawaran
  • Pemberian pinjaman sangat mudah
  • Bunga atau biaya pinjaman serta denda tidak jelas
  • Ancaman teror, intimidasi, pelecehan bagi peminjam yang tidak bisa membayar
  • Tidak mempunyai layanan pengaduan
  • Tidak mengantongi identitas pengurus dan alamat kantor yang tidak jelas
  • Meminta akses seluruh data pribadi yang ada di dalam gawai peminjam
  • Pihak yang menagih tidak mengantongi sertifikasi penagihan yang dikeluarkan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)

Ciri ciri hp disadap pinjol illegal

Berikut adalah ciri-ciri perangkat handphone kamu sedang disadap oleh pinjol illegal

Kuota internet secara tidak wajar cepat habis

Ciri yang pertama ciri handphone yang sedang disadap oleh pinjol ilegal adalah kuota internet yang dimiliki pengguna secara tidak wajar cepat habis. Hal ini disebabkan lantaran penyadap membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan data ke server pengguna lain.

Aplikasi tak dikenal terinstal

Munculnya aplikasi yang tidak dikenal di perangkat pengguna. Jika menemukan itu segera hapus atau uninstall untuk menghentikan aktivitas penyadapan.

Handphone cepat panas dan lambat

Ciri yang ketiga bisa dirasakan secara fisik seperti misalnya perangkat handphone menjadi mudah panas dan lambat. Hal ini disebabkan lantaran aktivitas  penyadapan yang dilakukan pinjol ilegal memerlukan daya komputasi yang tinggi.

Keamanan privasi ponsel hilang

Aktivitas selanjutnya adalah data foto serta data informasi yang ada di handphone hilang, pinjol illegal dapat mengubah keamanan seperti pola kunci atau PIN handphone.

Tidak hanya itu mereka juga bisa menghapus akun google yang terpaut pada perangkat ponsel.

Sering mendapatkan panggilan dan pesan dari nomor yang tidak dikenal

Ciri yang paling mudah dikenali untuk mengetahui handphone kita disadap oleh pinjol illegal adalah munculnya panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal.

Mereka tidak segan meneror atau bahkan mengancam peminjam agar membayar tagihan yang di mana pengguna tidak pernah merasa meminjam uang dengan nominal yang disebutkan. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR