Ciri-ciri Instagram Diblokir Orang Lain, Begini Cara Mengeceknya

11 Mei 2024 10:05 WIB

Narasi TV

Logo Instagram di layar ponsel. Sumber: Reuters.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Sebagaimana platform media sosial kebanyakan, Instagram memiliki fitur blokir yang memungkinkan pengguna untuk membatasi akses akunnya dari pengguna lain.

Akun Instagram yang diblokir tidak akan dapat berinteraksi dengan akun yang memblokirnya. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin memblokir akun yang mengganggu, atau ingin membatasi interaksi dengan mantan, teman, atau orang-orang lainnya yang tidak dikehendaki. 

Saat kamu memblokir akun seseorang, pengguna tersebut tidak akan dapat melihat profil Instagrammu . demikian pula sebaliknya, jika akunmu diblokir oleh orang lain, kamu tidak akan dapat mengakses akun orang tersebut. 

Terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat diamati untuk mengetahui apakah akun Instagram kita diblokir oleh orang lain. Jika kamu menjumpai ciri-ciri ini, kemungkinan besar akunmu telah diblokir oleh orang lain. 

Lantas, apa saja ciri-ciri akun Instagram yang telah diblokir orang lain? Bagaimana cara mengeceknya?

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Cari profil Instagram di kolom pencarian

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah seseorang telah memblokir kita di Instagram adalah dengan mencari profilnya mereka.

Masukkan nama atau username orang tersebut di kolom pencarian Instagram. Jika kamu masih bisa melihat profil dan unggahannya, artinya kamu tidak diblokir. Atau, kamu mungkin akan menjumpai tulisan “Akun ini pribadi”. Hal ini juga berarti akun tersebut tidak memblokirmu, tetapi hanya mengunci akunnya. 

Jika kamu telah diblokir, kamu tidak akan dapat menemukan akun tersebut melalui kolom pencarian. 

  • Periksa profil orang yang diduga memblokir

Jika kamu tak bisa menemukan profil orang yang diduga telah memblokirmu melalui kolom pencarian, coba kunjungi profilnya lewat komentar atau tag lama mereka. 

Instagram tidak menghapus komentar maupun tag lama yang pernah disematkan sebuah akun dari profilnya. Jika mereka pernah berkomentar di sebuah unggahan, kamu bisa mengunjungi profil mereka lewat komentar tersebut. 

Jika kamu dapat melihat jumlah unggahan, tetapi terdapat tulisan “Tidak ada postingan” di area yang seharusnya menampilkan unggahan, artinya kamu benar-benar telah diblokir. 

  • Cek lewat browser

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah seseorang telah memblokir kita adalah dengan mengecek username-nya lewat browser

Kalau kamu masih ingat username orang tersebut, masukkan tautan Instagram.com/username ke browser. Sebelumnya, jangan lupa untuk login terlebih dahulu ke akun Instagrammu. 

Jika kamu mendapati tampilan “Maaf, halaman ini tidak tersedia”, kemungkinan besar kamu telah diblokir oleh orang tersebut. 

  • Periksa DM

Memblokir seseorang di Instagram akan otomatis menghapus seluruh obrolan yang ada di DM kedua akun. 

Jika kamu curiga seseorang telah memblokirmu, coba buka obrolan DM dengan orang tersebut. Jika obrolan masih ada, artinya kamu tidak diblokir. Sebaliknya, jika kamu menjumpai seluruh percakapan sudah hilang, berarti kamu telah diblokir. 

  • Coba follow ulang

Kamu juga bisa mencoba follow ulang akun yang diduga telah memblokirmu. Jika kamu dapat melihat profil pengguna tersebut, cobalah mengetuk tombol follow. Jika kamu benar-benar diblokir, kamu tidak akan dapat mengikuti akun tersebut. 

  • Cek menggunakan akun lain

Terakhir, kamu juga bisa mengetahui apakah suatu akun telah memblokirmu dengan mengeceknya menggunakan akun lain. Hal ini bisa dilakukan jika kamu memiliki lebih dari satu akun Instagram. 

Cobalah untuk membuka akun pengguna tersebut melalui kedua akun Instagrammu. Jika profil pengguna tersebut dapat terbuka secara normal di akunmu yang lain, tetapi tidak tampak di akun utamamu, artinya kamu telah diblokir. 

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah akunmu telah diblokir oleh orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR