Content Creator: Pengertian, Skill, Jenjang Karir dan Besaran Gaji

29 Februari 2024 20:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang content creator bekerja. (Sumber: Pexels/Ivan Samkov)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Content creator menjadi salah satu profesi yang cukup diminati masyarakat Indonesia, hal ini tidak lepas dari perkembangan internet yang makin pesat.

Terlebih saat ini banyak brand yang tertarik untuk menggunakan jasa content creator untuk melakukan promosi.

Namun, sebenarnya, siapapun bisa menjadi content creator. Selagi memiliki orisinalitas dan kreativitas, content creator tak harus berangkat dari seorang public figure atau selebritis yang sudah dikenal luas.

Apa itu content creator?

Menurut HubSpot, content creator adalah seseorang yang mampu membuat konten yang bernilai edukatif dan juga menghibur sesuai dengan keinginan audiens,

Banyak konten yang bisa dibuat oleh seorang kreator konten, mulai dari video, foto, siniar, digital art, dan lain-lainnya.

Konten-konten ini akan nantinya akan dibagikan melalui media sosial seperti Instagram, YouTibe, TikTok, Facebook, X, dan juga blog.

Untuk menjadi seorang content creator, skill pertama yang harus dipenuhi adalah kreativitas. Kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk menarik perhatian orang-orang dan membuat mereka mau melihat konten yang dibuat.

Skill content creator

Berikut adalah beberapa kemampuan atau skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi seorang content creator:

  • Mampu meriset dan memahami kondisi pasar, tren, dan kebutuhan audiens.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik dari tahap pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi.
  • Mampu menerapkan SEO, sehingga konten yang dibuat bisa ditemukan dengan mudah oleh audiens.
  • Memiliki kemampuan produksi fotografi dan videografi.
  • Mampu menghasilkan konten yang sesuai dengan branding diri.
  • Harus melek teknologi, setidaknya tentang teknologi apa saja yang bisa digunakan dan bisa dimaksimalkan untuk keperluan produksi konten.

Jenjang karier content creator

Sejauh ini belum ada acuan yang jelas tentang jenjang karier seorang content creator. Namun, seorang content creator sebuah perusahaan dapat memiliki jenjang karier tertentu sesuai kebijakan perusahaan tersebut.

Misalnya, di sebuah perusahaan, seorang content creator bisa saja diangkat menjadi senior content creator atau manajer produksi konten marketing. 

Berapa gaji content creator?

Gaji seorang content creator umumnya beda-beda tergantung industri yang ditempati, termasuk posisi, dan daerah jika pekerjaan content creator tersebut berada di bawah naungan sebuah perusahaan. Hal ini tidak lain karena upah minimum tiap regional juga beda.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR