9 Beasiswa Kuliah di Dalam dan Luar Negeri Tahun 2024

17 April 2024 15:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas mahasiswa di kampus. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi impian bagi sebagian besar orang. Persiapan yang matang sangat dibutuhkan terutama bagi pelajar yang mengincar program beasiswa. 

Beberapa institusi, lembaga, maupun perusahaan telah membuka peluang beasiswa di tahun ini. Berikut rangkuman beberapa beasiswa kuliah 2024 di dalam maupun luar negeri.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Beasiswa ini diberikan untuk calon guru, pelaku budaya, pendidik, hingga dosen di jenjang D-4/S-1, S-2 dan S-3. 

Pembukaan BIP 2024 diperkirakan dibuka pada Mei hingga Juni 2024. Proses seleksinya terdiri dari seleksi administrasi dan substansi. 

Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id/.

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka beasiswa Program Umum, Targeted, dan Afirmasi untuk jenjang S-2 dan S-3 tahun 2024. Program Umum terdiri dari tiga jenis beasiswa, Program Targeted empat jenis, dan Program Afirmasi empat jenis beasiswa.

Pendaftaran gelombang kedua akan dibuka mulai 19 Juni hingga 18 Juli 2024. Informasi beserta jadwal selengkapnya dapat disimak melalui laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2024/.

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 

Kementerian Agama (Kemenag) RI berkolaborasi dengan LPDP membuka peluang beasiswa bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan di kampus dalam maupun luar negeri. 

Skema Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag-LPDP terbagi ke dalam dua jenis yakni Program Beasiswa Gelar (Degree) dan Beasiswa Non Gelar (Non Degree). 

Informasi selengkapnya terkait program BIB dapat dilihat di laman https://beasiswa.kemenag.go.id/program-beasiswa-lpdp-kemenag-ri/.

Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek 

Beasiswa Unggulan diberikan oleh pemerintah melalui Kemdikbudristek kepada putra-putri terbaik bangsa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang S-1, S-2 dan S-3.

Beasiswa Unggulan terdiri dari empat program beasiswa yakni Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemdikbudristek, Beasiswa Penyandang Disabilitas dan Beasiswa Penghargaan.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

Beasiswa Kominfo 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka program beasiswa S-2 dalam dan luar negeri. Beasiswa ini dibuka bagi Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI dan non-PNS dan Kementerian/LPNK/BUMN/Swasta dengan latar belakang pekerjaan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan akan melanjutkan pendidikan Magister di bidang yang sama. 

Informasi selengkapnya terkait Beasiswa Kominfo dapat disimak melalui laman https://beasiswa.kominfo.go.id/data/template/frontpage_info_doc_banner.pdf

Beasiswa Kaltim 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan bantuan beasiswa bagi putra-putri Kalimantan Timur untuk mengikuti pendidikan tinggi sampai tuntas. Program beasiswa Kaltim merupakan bagian dari misi Kalimantan Timur Berdaulat 2023 untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kaltim yang mandiri, berdaya saing tinggi dan berakhlak mulia.

Beasiswa Kaltim terdiri dari tiga program yakni Kaltim Tuntas Mahasiswa, Kaltim Stimulan Mahasiswa, dan Kaltim Stimulan Siswa. 

Informasi selengkapnya seputar Beasiswa Kaltim dapat disimak pada situs resminya di https://beasiswa.kaltimprov.go.id/.

Beasiswa SDM Sawit 

Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (D-I, D-II, D-III dan D-IV) dan Akademik (S-1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2024.

Beasiswa SDM Sawit 2024 telah dibuka mulai 5 April hingga 24 Mei 2024. Informasi lebih lanjut terkait Beasiswa SDM Sawit dapat disimak melalui laman https://www.beasiswasdmsawit.id/.

Djarum Beasiswa Plus 

Program Djarum Beasiswa Plus kembali dibuka bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi S-1/D-IV di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki kerja sama (bermitra) dengan Djarum Foundation. 

Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus dibuka mulai 27 Maret hingga 30 Mei 202. Informasi selengkapnya bisa dilihat pada laman https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami/persyaratan-untuk-menjadi-penerima-program-djarum-beasiswa-plus

Beasiswa BCA Finance 

Beasiswa BCA membuka dua program yakni Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). Pendaftaran Beasiswa BCA untuk tahun ajaran 2025 telah dibuka mulai 1 April sampai dengan 13 September 2024. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang Beasiswa BCA, calon pendaftar dapat mengakses laman https://karir.bca.co.id/beasiswa-bca.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR