Daftar E-Wallet di Indonesia, Kamu Pakai yang Mana?

16 Mei 2024 16:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi dompet digital. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kehadiran dompet digital atau e-wallet menjadi salah satu inovasi teknologi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Sesuai dengan namanya, e-wallet berfungsi layaknya dompet konvensional yaitu tempat menyimpan uang dan melakukan transaksi. Teknologi ini membuat kita serasa memiliki dompet di smartphone kita. 

Penggunaan e-wallet kini semakin meluas seiring dengan berkembangnya fitur QRIS yang semakin memudahkan kita untuk melakukan transaksi non-tunai menggunakan smartphone.

Bahkan, kini kita bisa saja keluar rumah tanpa membawa uang cash. Cukup pastikan saja kamu memiliki saldo e-wallet, koneksi internet dan juga smartphone yang menyala. 

Dengan kepopuleran dompet digital tentu kita semakin sulit menemukan uang jatuh. Sebab, uang yang disimpan di dalam dompet digital tentu tidak akan jatuh di jalan.

Menurut data Bank Indonesia, sejak Januari 2020 tercatat 38 aplikasi e-wallet yang ada di Indonesia. Semuanya adalah dompet digital dengan lisensi resmi. Lalu, apa saja aplikasi e-wallet paling populer di Indonesia? Simak daftarnya berikut ini!

Daftar e-wallet di Indonesia

Berikut daftar e-wallet yang paling populer di Indonesia:

  • GO-Pay

Aplikasi Go-Pay tentu familiar bagi anda yang sering menggunakan layanan ojek online Go-Jek. Aplikasi Go-pay dimiliki oleh GoTo atau Gojek-Tokopedia. 

GoPay memberikan layanan yang sangat lengkap. Kamu bisa membeli pulsa, membayar listrik, Internet, dan tentu saja membayar tagihan di Tokopedia serta membayar layanan Go-Jek. Go-Pay juga bisa digunakan untuk bertransaksi di toko fisik dengan layanan QRIS.

  • OVO

Jika GoPay identik dengan Go-Jek dan Tokopedia, maka OVO sangat familiar bagi pengguna layanan ojek dan taksi online Grab. 

OVO yang dikembangkan oleh Lippo group dan SoftBank merupakan e-wallet yang terintegrasi dengan Grab secara eksklusif sehingga kamu bisa membayar layanan Grab dengan menggunakan OVO. Selain itu OVO juga bisa digunakan untuk membayar pulsa, tagihan listrik dan dilengkapi dengan fitur QRIS.

  • DANA

DANA didirikan pada tahun 2018 dan merupakan pendatang baru dibanding dengan perusahaan lainnya. Berdasarkan data Riset iPrice Group, DANA berhasil naik satu peringkat di kuartal II 2019 menggeserkan LinkAja di posisi ketiga. 

DANA adalah salah satu e-wallet Indonesia yang banyak digunakan oleh masyarakat. DANA menawarkan berbagai kemudahan transaksi digital, seperti pembayaran tagihan, belanja online, transfer uang, dan pembelian pulsa dan paket data. 

  • LinkAja 

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server yang merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia. 

Sejak 21 Februari 2019, Finarya secara resmi telah mendapat lisensi atau izin dari Bank Indonesia sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum dengan Sistem Keamanan Informasi. 

LinkAja juga dilengkapi berbagai layanan seperti membeli pulsa, transfer uang dan lain sebagainya

  • ShopeePay

Bagi kamu yang sering checkout di aplikasi marketplace Shopee tentu sangat mengenal ShopeePay. Aplikasi ini adalah e-wallet yang dikembangkan oleh Shopee, penguasa marketplace Asia Tenggara. Tak hanya belanja, kamu juga bisa membeli pulsa, membayar tagihan listrik, dan layanan ShopeeFood.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR