Daftar Pakaian dan Sepatu Dalam Capsule Wardrobe yang Harus Kamu Miliki

11 Oktober 2023 17:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi capsule wardrobe. Sumber: nbcnews.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Capsule wardrobe kembali diperbincangkan oleh warganet. Pasalnya, capsule wardrobe membuat seseorang bisa mengkreasikan pakaiannya yang sedikit untuk berbagai macam style. Lantas, apa saja jenis pakaian yang wajib dimiliki oleh penganut capsule wardrobe?

Capsule wardrobe atau lemari kapsul adalah kondisi lemari dengan jenis pakaian tertentu yang bisa dipadukan satu sama lain. Jenis pakaiannya bersifat timeless dan berwarna netral. Itu sebabnya pakaian capsule wardrobe bisa digunakan untuk acara formal maupun casual.

Dengan menerapkan capsule wardrobe, kamu sekaligus bisa menghemat budget membeli berbagai jenis pakaian. Meski sedikit, tapi kamu bisa mengombinasikan pakaian yang kamu miliki sesuai selera. Jadi, kamu tidak merasa kekurangan pakaian sehingga kamu ingin membeli pakaian baru lagi.

Lalu, pakaian apa saja yang harus ada dalam capsule wardrobe? Berikut daftar jenis pakaiannya:

  • Tanktop dan kaos polos warna netral

Pertama adalah tanktop atau kaos polos warna netral seperti putih, cream, atau hitam. Kamu bisa memadukan atasan ini dengan menggunakan blazer, jaket, dan lain sebagainya. 

  • Kemeja putih

Kemeja putih sangat cocok digunakan dengan bawahan apapun. Kemeja ini juga bisa dikreasikan sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk acara formal maupun santai.

  • Striped shirt

Tak hanya kemeja polos, kamu juga bisa mengenakan striped shirt untuk memberi sentuhan corak pada penampilanmu. Striped shirt dapat dipadu padankan dengan berbagai bawahan.

  • Blazer

Selanjutnya yaitu blazer, baik untuk perempuan yang mengenakan hijab atau tidak. Blazer akan mudah dipadu padankan dengan pakaian yang lain. Bahkan, blazer juga bisa digunakan pada acara formal maupun casual. Pastikan bahan blazer nyaman digunakan dan awet meski dipakai berkali-kali.

  • Celana hitam

Untuk bawahan, kamu bisa memilih opsi celana berwarna gelap alias hitam. Celana ini sangat aman dipadu padankan dengan berbagai atasan. Selain itu, celana hitam juga tidak terlihat cepat kotor sehingga kamu bisa menggunakannya berkali-kali.

  • Knit sweater

Knit sweater atau knitwear cocok digunakan saat musim dingin karena bahannya yang hangat. Namun, kamu juga bisa mengombinasikan dengan kemeja atau celana bahan sehingga terlihat lebih formal.

  • Pakaian berbahan denim

Kamu bisa menggunakan rok, celana, atau jaket denim untuk tampilan yang lebih casual. Apalagi pakaian denim ini sangat cocok digunakan di berbagai cuaca, kapanpun, dan di manapun. 

  • Sneakers

Footwear yang satu ini bisa digunakan kapan saja, terutama ketika sedang bersantai. Pilihlah sneakers yang nyaman dan awet, terlebih jika kamu terbiasa jalan kaki atau sering berada di lapangan.

  • Heels

Untuk acara formal, kamu bisa mengenakan heels. Pilihlah warna yang netral sehingga cocok dipadu padankan dengan semua outfit-mu. Sama seperti sneakers, kamu juga harus mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan saat memilih heels.


Itu tadi beberapa daftar pakaian dan sepatu yang harus ada dalam capsule wardrobe. Apakah kamu sudah menerapkan metode ini dalam keseharian?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR