6 Kampus dengan Jurusan AI di Indonesia, ITS hingga UGM

14 Mei 2024 18:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas perkuliahan yang berkaitan dengan artificial intelligence. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini tengah menjadi tren di dunia teknologi. Popularitas AI dibuktikan dengan maraknya penggunaan AI di berbagai sektor industri serta tingginya minat untuk berkarier sebagai spesialis AI. 

Profesi sebagai spesialis artificial intelligence diprediksi akan menjadi salah satu pekerjaan yang populer dan banyak dibutuhkan di masa depan. Untuk memenuhi kebutuhan yang didorong oleh kemajuan teknologi ini, banyak perguruan tinggi yang telah menyediakan jurusan khusus untuk mempelajari AI. 

Di Indonesia, ada sejumlah kampus yang sudah membuka jurusan AI atau berkaitan dengan artificial intelligence untuk jenjang S-1 dan S-2. Kampus mana sajakah itu?

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berada di Surabaya memiliki program studi (prodi) Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA) untuk jenjang S-1. Prodi ini baru dibuka pada tahun ajaran 2023/2024. 

Prodi RKA mengembangkan keilmuan bidang ilmu komputer, khususnya bidang kecerdasan artifisial, untuk menciptakan solusi yang cerdas dan inovatif di bidang industri, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

  • Universitas Airlangga (UNAIR)

Mulai tahun 223, Universitas Airlangga (UNAIR) membuka prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang ditujukan bagi mahasiswa S-1. 

PRODI S-1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan UNAIR berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem otonom yang dapat diterapkan di berbagai bidang. 

Mahasiswa nantinya akan mempelajari ilmu-ilmu dasar (matematika dan fisika), ilmu komputer, mekatronik, elektronika, sistem kendali, sistem siber-fisik, desain robot, penerapan robotika, dan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot.

  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara (BINUS) juga memiliki jurusan S-1 Artificial Intelligence yang berada di bawah School of Computer Science. Jurusan ini baru diresmikan pada 2023 dan perkuliahannya akan dimulai pada tahun ajaran 2024/2025. 

Jurusan Artificial Intelligence di BINUS berfokus pada AI Terapan yang mencakup konsep dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menerapkan teknologi ini dalam proyek industri.

Lulusan AI BINUS diproyeksikan untuk menjadi pakar AI, insinyur pembelajaran mesin, peneliti, analis data, dan peran-peran lain di berbagai sektor. 

  • Universitas Syiah Kuala (USK)

Jurusan terkait artificial intelligence juga terdapat di Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh dan ditujukan bagi mahasiswa jenjang S-2. Program Magister Kecerdasan Buatan yang diresmikan pada tahun 2021 berada di bawah naungan Faultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). 

Pembukaan jurusan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan persaingan bangsa dalam bidang artificial intelligence dan data sains di masa depan. Nantinya, lulusan S-2 Kecerdasan Buatan diharapkan dapat mengembangkan kerja sama dalam bidang AI yang bermanfaat bagi institusi pemerintah maupun swasta. 

  • Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki Program Magister Sains Data dan Kecerdasan Buatan yang merupakan lanjutan dari Program Sarjana Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. 

Program ini berfokus pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam dua bidang spesifik yakni sains data dan kecerdasan buatan. Sains data berkaitan dengan keterampilan pemrograman, matematika, dan statistik untuk mengekstrak informasi atau pengetahuan dari data. 

Sedangkan kecerdasan buatan berfokus pada penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi kognitif manusia seperti pembelajaran mesin, pemecahan masalah, dan pengenalan pola, yang kemudian diterapkan dalam teknologi.

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

Terakhir, jurusan AI juga telah tersedia di Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Program Studi Magister Kecerdasan Artifisial. 

Menariknya, prodi ini dapat diikuti oleh lulusan S-1 dari seluruh disiplin ilmu. Calon mahasiswa hanya perlu memenuhi segala persyaratan dan lulus dalam ujian tertulis yang diadakan oleh prodi.

Bagi calon mahasiswa yang tidak berasal dari rumpun ilmu komputer, Prodi Magister Kecerdasan Artifisial menyediakan Program Pra S2 Kecerdasan Artifisial untuk mempermudah para calon mahasiswa sebelum memasuki bangku perkuliahan. 

Nah, itu dia beberapa kampus di Indonesia yang telah menyediakan jurusan AI. Gimana, tertarik buat mempelajari AI lebih dalam?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR