Daftar Negara yang Bisa Transaksi QRIS 2024 Lengkap dengan Cara Menggunakannya

25 Jul 2024 11:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi penggunaan QRIS. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tidak perlu khawatir lagi jika ingin bertransaksi di luar negeri. Pasalnya, pembayaran di beberapa negara sudah bisa menggunakan QRIS. Berikut daftar negara yang bisa transaksi QRIS 2024.

Bank Indonesia telah memperluas cakupan negara yang bisa bertransaksi menggunakan QRIS. Hal ini sangat memudahkan warga negara Indonesia (WNI) yang ingin melakukan pembayaran di luar negeri karena tidak harus menukarkan mata uang rupiah ke mata uang lokal.

Negara yang baru saja menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran adalah Korea Selatan. Kebijakan ini merupakan hasil kerja sama antara Bank Indonesia dan Bank of Korea (BoK) yang terjalin per Senin (15/7/2024).

“Kerja sama ini akan membangun kerangka yang memfasilitasi pembayaran berbasis QR code antar kedua negara, termasuk operator sistem pembayaran atau penyedia jasa pembayaran,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Sebagai informasi, QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR. Dengan QRIS ini, pengguna tidak perlu mengkonversi atau menukarkan mata uang saat berbelanja di negara yang dikunjungi, cukup dengan memindai kode QR saja.

WNA di Indonesia dapat bertransaksi dengan memindai QRIS merchant Indonesia menggunakan aplikasi pembayaran negaranya. Sebaliknya, WNI juga dapat memindai QR standar negara yang dikunjungi menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia.

Sebelum Korea Selatan, beberapa negara sudah lebih dulu bekerja sama dengan Bank Indonesia terkait penerapan QRIS. Lantas, mana saja negara tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Daftar negara yang bisa transaksi QRIS 2024

Dilansir dari laman Bank Indonesia, berikut sejumlah negara yang bisa bertransaksi menggunakan QRIS per 2024:

  • Bank Negara Malaysia (BNM)
  • Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP)
  • Monetary Authority of Singapore (MAS)
  • Bank of Thailand (BOT)

“Dalam waktu dekat, kita akan ada kesepakatan QRIS cross border dengan India, Korea Selatan, Jepang, dan UEA,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta pada Rabu (17/7/2024).

Selain negara-negara yang telah disebutkan di atas, Laos dan Brunei Darussalam juga akan segera menerapkan QRIS antarnegara. Begitupun dengan Vietnam yang resmi bergabung dalam kerja sama pembayaran regional lintas negara Asia Tenggara.

Cara menggunakan QRIS antarnegara

Berikut cara menggunakan QRIS antarnegara yang wajib diketahui:

  • Buka aplikasi perbankan atau jasa keuangan di smartphone.
  • Klik “Scan QRIS”.
  • Masukkan nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal.
  • Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (otomatis sudah terkonversi).
  • Masukkan PIN.
  • Pembayaran QRIS antarnegara telah selesai dilakukan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER