Daftar Lokasi TPS Para Capres Dan Cawapres Mencoblos

13 Februari 2024 10:02 WIB

Narasi TV

Ketiga paslon Capres-Cawapres 2024. Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Hari pemungutan suara pemilihan umum (pemilu) 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024, antara pukul 07.00 - 13.00 WIB. Lantas di mana para pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) bakal mencoblos?

Mengutip dari laman Tempo.com, ketiga paslon akan mencoblos di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang berbeda-beda.

Berikut ini daftar lokasi TPS capres dan cawapres akan mencoblos pada 14 Februari 2024.

Paslon nomor urut 01 (Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar)

Capres dan cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin akan mencoblos di dua lokasi yang berbeda.

Calon Presiden Anies Baswedan disebut akan menggunakan hak suaranya di sekitar kediamannya Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Informasi ini disampaikan langsung oleh Cak Imin selaku calon wakil presidennya

"(Anies) di Lebak Bulus," ungkapnya mengutip Detik

Sementara Ketua Umum PKB tersebut akan mencoblos di Kemang, Jakarta Selatan.

"(Nyoblos) di Kemang," kata Cak Imin kepada wartawan di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jaksel, Selasa (23/01/2024).

Paslon Nomor 2 (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka)

Sementara itu untuk capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan melakukan pencoblosan di daerah kediamannya, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Ahmad Muzani selaku Sekretaris Jenderal Partai Gerindra. 

"Beliau insya Allah (mencoblos) di Hambalang," terang Ahmad Muzani. 

Sementara itu, pendampingnya Gibran Rakabuming Raka akan mencoblos di TPS 34 Kelurahan Manahan, Solo, Jawa Tengah.

"Ya, di Solo saja," kata Gibran di Kota Surakarta, Jawa Tengah, mengutip Antara

Walikota Solo ini mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima surat undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta untuk melakukan pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024 besok.

"Sudah. Saya baru nyampe jam 01.00 malam, harusnya sudah ada di rumah," tambah Gibran.

Dia mengatakan akan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) bersama dengan istrinya, Selvi Ananda, sedangkan keluarganya yang lain, seperti ayahnya, Presiden Joko Widodo, dan adiknya, Kaesang Pangarep, tidak mencoblos di Surakarta.

Paslon Nomor Urut 03 (Ganjar Pranowo-Mahfud MD)

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengaku akan menggunakan hak memilihnya di Semarang, Jawa Tengah. Hal ini lantaran Ganjar masih ber-KTP Semarang. 

"Sepertinya di Jawa Tengah saya, di Semarang karena KTP saya masih Semarang," kata Ganjar Pranowo di Gedung Gedung Korpri, Mangunsari, Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/01/2023) mengutip detik.com.

Sementara Mahfud MD mengatakan dirinya akan menggunakan hak pilihnya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

"Saya nyoblos di Sambilegi, Sleman, Yogyakarta," kata Mahfud ditemui usai menerima deklarasi dukungan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mengutip Antara. 

Sebelumnya pada tahun 2019, mantan Menkopolhukam Mahfud MD menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 105 Dusun Sambilegi Baru Lor, Desa Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar pukul 09.25 WIB.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR