Dampak LED Jatuh: Rangkaian Konser Mirror Dibatalkan

31 Jul 2022 20:07 WIB

thumbnail-article

null

Penulis:

Editor: Akbar Wijaya

Jatuhnya layar LED  di panggung konser boy band Mirror pada Kamis 29 Julis 2022 di Hong Kong Coliseum berbuntut pembatalan rangkaian tur konser mereka di Hong Kong. Hal ini lantaran banyaknya kritik dan kecaman publik, khususnya dari para fans terkait standar keamanan konser.

“Terkait ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada para penonton dan orang lain yang terkena dampak, kami merasa sangat menyesal,” tulis pihak promotor konser Music Nation dan Marker Vile beberapa jam setelah insiden berlangsung.

Pihak promotor menyesal dengan pembatalan ini dan menjanjikan pengembalian dana kepada para penonton yang kadung membeli tiket. Sistematika refund dan waktunya akan diumumkan lebih lanjut.

Insiden kecelakaan di konser Mirror bukan baru ini terjadi. Sebelumnya, kecelakaan sempat dialami salah satu personel Mirror Frankie Lui saat konser pada Selasa (26/7/2022).

Ketika Frankie terjatuh karena kehilangan pijakan saat memberi sambutan kepada para penggemarnya. Lebih dari 13.000 penggemar menandatangani petisi yang mendesak pihak promotor memastikan keamanan Mirror dan para penari latarnya.

Menurut para fans, penyellenggara tidak perlu menggunakan mekanisme panggung bertingkat yang tidak diperlukan.

Nasib Para Korban

Kembali ke insiden jatuhnya LED di Hong Kong Coliseum. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, dua penari latar dan tiga orang penonton dilaporkan terluka.

Satu diantara dua penari tersebut mengalami luka yang serius dan mesti dilarikan ke rumah sakit Queen Elizabeth untuk mendapat perawatan medis. Sedangkan 2 penonton yang lain mengalami trauma.

Polisi mendapatkan laporan atas insiden pada konser ini pada pukul 22.36 waktu setempat. Dari pengamatan awal, layar gantung terjatuh disebabkan kawat penyangga yang putus.

Pemerintah setempat dan pihak penyelenggara pun masih melakukan investigasi lebih lanjut terkait prosedur keselamatan konser.

“Saya terkejut! Saya menyampaikan simpati kepada mereka yang terluka dan berharap mereka akan segera pulih,” ungkapan kesedihan John Lee, pejabat pemerintah Hong Kong dikutip Reuters.

Keunikan Mirror


Mirror  merupakan boy band asal Hong Kong yang dianggap unik karena membawakan genre musik Cantopop atau musik pop Berbahasa Kanton.

Istilah bekennya adalah HK-Pop. Boy band ini beranggotakan 12 orang musisi Hong Kong.

Saking banyaknya penggemar, Pemerintah kota Hong Kong mengundang langsung boyband ini untuk menyelenggarakan serangkaian konser.

Jika mengikuti rencana awal, harusnya terdapat 12 seri pertunjukan yang akan mereka jalani sebelum akhirnya dibatalkan.

Reporter: Berlian Rahmy Lidia

 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER