Pengertian Deep Talk dan Manfaatnya untuk Membangun Kedekatan Hubungan

20 Februari 2024 15:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pasangan yang sedang melakukan deep talking. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Deep talk adalah percakapan mendalam antar individu yang bersifat intim dan saling terbuka akan masalah, gagasan, perasaan, atau nilai-nilai pribadi. Deep talk lebih dari sekadar bertanya “apa”, melainkan “bagaimana” dan “mengapa”.

Deep talk bertujuan untuk membangun koneksi emosional, saling memahami, dan mencapai pemahaman mendalam tentang diri sendiri dan orang lain. Lewat deep talk, individu menjadi berani untuk terbuka dan memperlihatkan sisi rapuh dalam dirinya kepada orang lain.

Percakapan ini tidak terbatas hanya dilakukan oleh pasangan saja, melainkan juga bersama teman, rekan kerja, atau keluarga. Biasanya deep talk akan dilakukan bersama orang-orang yang dipercaya dan nyaman diajak berbicara.

Awalnya, deep talk hanya digunakan sebagai cara membangun komunikasi dalam tim di tempat kerja. Metode ini pun berkembang sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan komunitas. Kini, deep talk dapat digunakan sebagai sarana mediasi, pembinaan, hingga terapi kesehatan mental.

Manfaat deep talk

Berikut manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan deep talk:

  • Perasaan lega

Ketika kamu membagikan emosi negatif kepada orang terdekat, rasa stress dan tertekan dapat berkurang. Hal ini cukup membantu mengurangi beban bagian otak bernama amigdala yang berfungsi mengatur respon emosional seperti takut, marah, dan sedih. 

Oleh karena itu, sebaiknya jangan memendam masalah sendirian dalam kurun waktu lama. Biarkan kamu merasakan emosi dalam dirimu dan menerima keadaan yang tidak baik-baik saja. Salah satu caranya adalah dengan melakukan deep talk.

  • Mendapat dukungan emosional

Ketika kamu mencurahkan perasaan dan pengalaman kepada orang lain, maka suasana hati akan lebih tenang. Beban pikiran pun bisa berkurang. Selain itu, kamu juga bisa mendapat dukungan emosional dari orang lain. Bahkan bisa jadi kamu juga mendapatkan solusi yang tidak terpikirkan sebelumnya.

  • Menemukan makna hidup

Deep talk membantu seseorang untuk menemukan tujuan dan harapan hidup. Aktivitas ini mampu menggali pengalaman seseorang yang jarang diketahui. Hal ini memungkinkanmu untuk mempelajari pengalaman orang lain dan mungkin bisa menjadi inspirasi.

  • Menambah kebahagiaan

Rutin deep talk dapat meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan dalam hubungan. Bahkan, perbincangan yang bermakna dapat menjadi sarana untuk mengatasi rasa sepi.

  • Mempererat hubungan

Dengan deep talk, kamu bisa mencurahkan isi hati dan pikiran secara jujur dan terbuka kepada orang lain, begitu pula sebaliknya. Hal ini mampu mempererat hubungan dan mengembangkan rasa saling percaya, pengertian, empati, serta kasih sayang.

  • Mengurangi risiko gangguan mental

Deep talk juga mampu mengurangi risiko gangguan mental karena kesepian, stress, atau berada dalam lingkungan yang toksik. Selain kamu bisa mencurahkan isi hati dan pikiran, kamu pun bisa mendapatkan dukungan yang menguatkan.


Itu tadi pengertian dan manfaat melakukan deep talk bersama orang lain. Apakah kamu pernah mempraktikkannya?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR