Di Mata Najwa Adian Merasa Jokowi Berubah dan Berkhianat, Fahri Hamzah: Jangan-Jangan Kita yang Berubah

3 November 2023 13:11 WIB

Narasi TV

Presiden Jokowi di acara Musyawarah Rakyat Projo/ Antara

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu mengungkapkan kekecewaannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia merasa Jokowi sudah berubah tak seperti yang dulu pernah dibelanya ketika menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden 2014 dan 2019.

"Saya tidak pernah membayangkan Jokowi seperti ini," ujar Adian dengan nada penuh keheranan di program Mata Najwa: Debat di Makan Siang yang tayang di kanal Youtube Najwa Shihab, Kamis (2/11/2023).

Adian menjelaskan, "Tapi satu bulan terakhir ini tiba-tiba saya berpikir, 'Oh saya tidak kenal dia sama sekali'."

Adian merasa Jokowi mengkhianatinya lantaran ada pergeseran signifikan dalam perilaku dan sikap kepala negara yang tidak sesuai dengan harapan atau kenangan masa lalu.

Sebaliknya, Fahri Hamzah menyuarakan perspektif yang menentang pandangan sentimental terhadap pemimpin.

"Saya tidak loyal kepada orang, saya loyal kepada gagasan," tegas Fahri, menyiratkan bahwa dalam menilai seorang pemimpin, haruslah kita melihat pada prinsip dan ideologi yang dipegang, bukan pada perasaan pribadi.

Fahri melanjutkan, "Sebab jangan-jangan kita yang berubah bukan orang itu yang berubah."

Fahri juga menggarisbawahi bahwa presiden, dengan beban tugasnya yang berat, tidak bisa diukur dengan ekspektasi pribadi.

"Seorang presiden akan punya begitu banyak pertimbangan, dan pertimbangan-pertimbangan dia itu tidak boleh secara otomatis kita hukum," imbuhnya.

Tonton selengkapnya perdebatan mereka di program Mata Najwa: Debat Makan Siang di Youtube Najwa Shihab.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR