Bacaan Doa Keselamatan Anak Keturunan di Dunia dan Akhirat

20 April 2024 21:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang ibu mendoakan keselamatan anak keturunan. (Sumber: Pexels/RDNE Stock Project)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Setiap dari kita pasti mengharapkan keselamatan anak cucu di dunia dan akhirat, oleh karenanya Islam mengajarkan untuk membaca doa keselamatan anak keturunan.

Doa orang tua kepada anaknya menjadi salah satu tiga golongan doa yang akan Allah Swt. ijabah, seperti yang telah diterangkan dalam hadis dari Abu Hurairah ra., bahwasanya Rasulullah saw. bersabda:

"Tiga golongan yang doanya mustajab yang tidak diragukan lagi kedahsyatannya, yaitu: doa orang tua kepada anaknya, doa musafir (orang yang sedang bepergian), dan doa orang yang dizalimi." (HR. Bukhari Muslim)

Doa keselamatan anak keturunan

Mengutip dari laman NU Online, doa ini dapat amalkan untuk memohonkan keselamatan anak keturunan. Doa ini dapat dibaca sebelum salat Subuh:

اللَّهُمَّ بِحُرْمَةِ النَّبِيِّ وَالحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَأُمِّهِ وَأَبِيْهِ وَنَجِّنِيْ مِنَ الغَمِّ الَّذِيْ فِيْهِ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَأَسْئَلُكَ أَنْ تُحْيِيَ قَلْبِيْ بِنُوْرِ مَعْرِفَتِكَ أَبَدًا أَبَدًا يَا رَسُوْلَ اللهِ يَا اللهُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhumma bi hurmatin nabiyyi, wal Hasan, wa akhīh, wa ummih, wa abīh, wa najjinī minal ghammil lazī fīh, yā Hayyu, yā Qayyūmu, yā dzal jalāli wal ikrām. Wa as’aluka an tuhyiya qalbī bi nūri ma‘rifatika abadan, abadan. Yā rasulallāh, ya Allah (3 kali), bi rahmatika yā arhamar rāhimīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya, “Ya Allah, demi kehormatan Nabi Muhammad saw., Hasan, saudaranya, ibunya, dan bapaknya, selamatkanlah aku dari kebingungan yang ada di dalamnya.” 

“Wahai Zat yang hidup, wahai Zat Yang Maha Tegak, wahai Zat Yang Maha Besar dan Mulia, aku memohon kepada-Mu agar menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifat-Mu selamanya, wahai Rasulullah, ya Allah (3 kali), dengan rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 50).

Doa keselamatan anak keturunan Nabi Ibrahim as.

Selain doa di atas, doa yang diamalkan Nabi Ibrahim as. berikut ini juga dapat digunakan untuk mendoakan keselamatan anak keturunan:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj 'al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur'an dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat."

Doa agar anak mendapat berkah

Sementara itu, doa berikut ini dapat diamalkan untuk memohonkan keberkahan bagi anak:

 اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa'atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama'ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat".

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR