Doa Masuk Rumah Lengkap dengan Lafaz Arab, Latin, dan Terjemahannya

19 Jan 2023 20:01 WIB

thumbnail-article

null

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa masuk rumah merupakan sunah bagi tiap muslim yang baru saja pulang dari bepergian. Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa doa tersebut akan menghindarkan diri dari setan.

Rasulullah menganjurkan setiap umatnya untuk mengawali dan mengakhiri sesuatu aktivitas dengan membaca doa atau menyebut nama Allah.

Anjuran Rasulullah tersebut diriwayatkan oleh HR. Muslim, Jabir bin ‘Abdillah pernah mendengar Nabi SAW bersabda:

“Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim).

Selain itu, anjuran untuk berdoa sebelum masuk rumah juga dijelaskan dalam Al-Quran surat an-Nur ayat 61:

فَاِ ذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰۤى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَ

fa iżā dakhaltum buyụtan fa sallimụ 'alā anfusikum taḥiyyatam min 'indillāhi mubārakatan ṭayyibah, każālika yubayyinullāhu lakumul-āyāti la'allakum ta'qilụn

Artinya: “Apabila memasuki rumah-rumah, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.”  

Selain mengucapkan doa ketika masuk ke dalam rumah, seorang muslim juga disunahkan untuk melakukan adab memasuki kediamannya.

Melansir buku Tuntutan Lengkap 99 Salat Sunnah Superkomplet (2019) yang ditulis oleh Ibnu Watniyah, adab tersebut adalah mendahulukan kaki kanan untuk melangkah ke dalam rumah.

Doa masuk rumah

Membaca doa ketika hendak masuk ke dalam rumah adalah upaya seorang muslim mengharapkan berkah dari Allah.

Berikut ini merupakan doa yang dapat dilafalkan ketika masuk rumah.

 اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mauliji, bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa ‘alallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER