Doa Menghilangkan Rasa Malas Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

20 April 2024 13:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi kemalasan. (Sumber: Freepik/yanalya)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Rasa malas kerap kali dirasakan seseorang secara tiba-tiba yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Saat kemalasan datang, Islam menganjurkan membaca doa menghilangkan rasa malas.

Kemalasan dapat terjadi dalam berbagai macam hal, seperti ketika belajar, bekerja, atau beribadah.

Allah Swt. sendiri tidak menyukai umatNya yang bersikap malas-malasan karena merupakan salah satu perilaku setan, hal ini telah disinggung Allah Swt. dalam firmanNya surah An-Nisa ayat 97. Allah Swt. berfirman:

 إِنَّ ٱلَّذِينَ تَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ ظَالِمِىٓ أَنفُسِهِمْ قَالُوا۟ فِيمَ كُنتُمْ ۖ قَالُوا۟ كُنَّا مُسْتَضْعَفِينَ فِى ٱلْأَرْضِ ۚ قَالُوٓا۟ أَلَمْ تَكُنْ أَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةً فَتُهَاجِرُوا۟ فِيهَا ۚ فَأُو۟لَٰٓئِكَ مَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَسَآءَتْ مَصِيرًا

Innallażīna tawaffāhumul-malā`ikatu ẓālimī anfusihim qālụ fīma kuntum, qālụ kunnā mustaḍ'afīna fil-arḍ, qālū a lam takun arḍullāhi wāsi'atan fa tuhājirụ fīhā, fa ulā`ika ma`wāhum jahannam, wa sā`at maṣīrā.

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?". Mereka menjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Makkah)". Para malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali." (Q.S. An Nisa : 97)

Doa menghilangkan rasa malas

Doa berikut ini dapat diamalkan untuk menghilangkan rasa malas yang datang:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a'uudzubika minal hammi wal hazani wa a'uudzubika minal 'ajzi walkasali, wa a'uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a'uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.

Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan utang dan kezaliman manusia." (HR Abu Dawud 4/353)

Itulah doa untuk menghilangkan rasa malas, amalkan dan baca agar ritme kehidupan kita tetap tertata dan berjalan dengan baik.

Semoga kita selalu dilindungi Allah Swt. dari segala hal yang menyebabkan rasa malas, baik dalam pekerjaan maupun dalam beribadah.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR