Bacaan Doa saat Mengalami Kerugian ketika Berbisnis

20 April 2024 07:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pebisnis mengalami kerugian. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Ketika berbisnis, kerugian bukan hal yang jarang terjadi. Ketika mengalaminya, seorang muslim dapat mengamalkan doa selain berusaha agar dapat kembali mendapatkan untung.

Aktivitas berbisnis tidak selamanya berjalan mulus dan menghasilkan keuntungan, ada masanya dalam berbisnis mengalami kerugian.

Kerugian dalam berbisnis tersebut dapat terjadi karena berbagai hal, seperti kesalahan diri sendiri ketika mengatur bisnis atau salah menerapkan strategi.

Akan tetapi, meskipun dalam kondisi rugi, kita sebagai muslim harus tetap optimis dan ikhtiar serta meminta pertolongan Allah Swt. agar bisa melewati masa-masa kurang menyenangkan dalam perjalanan hidup tersebut.

Doa saat mengalami kerugian

Ketika mengalami kerugian, umat Islam dapat menjadikan Al-Qur’an surah Al-Qalam ayat 32 berikut sebagai doa:

عَسَى رَبُّنَا أَنْ يُبْدِلَنَا خَيْرًا مِنْهَا إِنَّا إِلَى رَبِّنَا رَاغِبُونَ

‘Asā rabbuna an yubdilanā khayran minhā, innā ilā rabbinā rāghibūna. (Q.S. Al-Qalam: 32)

Artinya: “Semoga Tuhan memberikan ganti untuk kami dengan yang lebih baik dari yang ini. Sungguh kami mengharapkan (ampunan) kepada Tuhan kami.” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I: halaman 408). 

Doa saat mengalami kerugian tersebut tercatat dalam kitab Qutul Qulub Syekh Abu Thalib Al-Makki. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Thalib Al-Makki. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103)

Doa agar dagangan laris

Selain doa memohon kelancaran melewati kerugian, doa memohon dagangan laris berikut dapat diamalkan oleh orang yang berbisnis:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdulillahil ladzi razaqoni hadza min khairi haulim minni wa la quwwah, allahumma barik fihi.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah, berkahilah aku pada rezekiku."

Doa diberikan rezeki berlimpah dan berkah

Terdapat pula doa yang bisa diamalkan bagi pebisnis, yakni doa berikut yang berisi permohonan dilimpahkan rezeki dan keberkahan:

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Rabbanā anzil 'alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā 'īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.” (Q.S. Al Ma'idah: 114)

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR