Bacaan Doa Selesai Berihram: Arab, Latin dan Terjemahannya

7 Mei 2024 23:05 WIB

Narasi TV

Jemaah haji berihram di Makkah, Arab Saudi. (Sumber: Pexels/Muhammad Khawar Nazir)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa selesai berihram perlu diketahui bagi jamaah Indonesia yang hendak melaksanakan haji. 

Setiap orang yang melakukan ibadah haji pasti menjalankan ihram dengan wujud niat dan memakai pakaian ihram.

Mengutip dari NU Online, ihram adalah keadaan seseorang yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umrah. 

Ketika niat haji atau umrah telah dilafalkan, maka larangan-larangan ihram pun berlaku dan harus dijaga hingga selesai.

Sebagaimana kita ketahui bersama pakaian ihram identik dengan warna putih serta tidak berjahit bagi laki-laki sehingga bisa dikatakan tak lebih berupa lembaran kain yang dililitkan ke tubuh. Sementara bagi perempuan adalah pakaian yang menutup aurat.

Dalam kitab Taqrib dijelaskan ada enam amalan wajib haji salah satunya berihram:

قوله (وواجبات الحج) التي لا بد من فعلها (غير الأركان ثلاثة أشياء) الأول (الإحرام من الميقات) أي في الزمان والمكان المحددين (و) الواجب الثاني (رمي) جمرة العقبة يوم النحر بسبع حصيات ورمي (الجمار الثلاث) في أيام التشريق الثلاثة بسبع حصيات (و) الواجب الثالث (الحلق) أو التقصير

Artinya, “(Wajib haji) yang tidak boleh tidak harus dilakukan (selain rukun haji berjumlah tiga hal), pertama (ihram dari miqat) pada waktu dan tempat yang telah ditentukan… Kedua (melontar) jumrah aqabah pada hari nahar (10 Dzulhijjah) dengan 7 batu dan melontar tiga jumrah pada hari tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah) dengan 7 batu… Ketiga, (cukur) atau potong rambut…,” (Lihat KH Afifuddin Muhajir, Fathul Mujibil Qarib, [Situbondo, Al-Maktabah Al-Asadiyyah: 2014 M/1434 H] halaman 90).

Doa selesai berihram

Sementara itu, ketika selesai menjalankan ibadah haji dan menyelesaikan kewajiban berihram, berikut adalah doa yang dapat diamalkan setelahnya:

اللَّهُمَّ أُحَرِّمُ شَعْرِي وَبَشَرِيْ وَجَسَدِيْ وَجَمِيْعَ جَوَارِحِيْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ حَرَّمْتَهُ عَلَى الْمُحْرِمِ أَبْتَغِي بِذلِكَ وَجْهَكَ الْكَرِيْمَ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma uharrimu sya'ri wa basyari wa jasadi wa jami'a jawarihi min kulli syai-in harramtahu 'alal muhrimi abtaghi bidzalika wajhakal karim ya rabbal 'alamin.

Artinya: Ya Allah, aku haramkan rambut, kulit, tubuh, dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Engkau haramkan bagi seorang yang sedang berihram, demi mengharapkan diri-Mu semata, wahai Tuhan pemelihara alam semesta.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR