Doa Qunut Nazilah untuk Palestina Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan

22 Oktober 2023 09:10 WIB

Narasi TV

Seorang aktivis mengibarkan bendera Palestina saat protes terhadap Israel di luar kedutaan AS di Jakarta, Indonesia, 12 Mei 2021. REUTERS/Willy Kurniawan

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa untuk Palestina dapat menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap negara tersebut di tengah eskalasi konflik yang tengah terjadi di Gaza.

Sebagai umat Islam yang berada di Indonesia, doa menjadi hal yang bisa dilakukan untuk membantu saudara sesama muslim di Palestina.

Salah satu doa yang dapat dilafalkan untuk mendoakan penduduk Palestina yang jadi korban eskalasi konflik bersenjata di Gaza adalah dengan melafalkan qunut nazilah ketika melakukan salat.

Doa-doa berikut ini dapat dilafalkan untuk mendoakan para korban konflik bersenjata di Palestina.

Doa berikut ini diambil dari doa yang dirilis oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Doa qunut nazilah untuk Palestina versi NU

Mengutip laman NU Online, terdapat dua langkah yang dilakukan NU untuk mendukung perjuangan Palestina. Salah satunya yaitu dengan doa dengan mengamalkan qunut nazilah.

Menurut pendapat Imam Syafi'i, qunut nazilah sunah dibaca pada saat salat lima waktu setelah rukuk yang terakhir. 

Qunut ini dapat dilakukan oleh imam maupun saat sedang menunaikan salat sendirian. Berikut bacaan qunut nazilah:

 اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

Allâhumma innâ nasta'înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu'minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla'u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na'budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas'â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya: "Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir."

Doa untuk Palestina versi MUI

Doa berikut ini merupakan doa yang dirilis MUI untuk mendoakan saudara sesama muslim di tengah konflik bersenjata di Gaza, Palestina:

 للهُم أَنْج سَلَمَة بن هِشَامٍ، اللهُمَّ أَنْجِ الوَلِيدَ بْنَ الْوَلِيدِ اللَّهُمَّ أَنْج عَيَّاسَ بْنَ أبِي رَبِيعَة، اللهُمَّ أَنْجِ المُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطَأتَكَ عَلَى مُضَرَ، اللَّهُمَّ سِنِينَ كَسِنِي يُوسُفَ

Artinya: "Ya Allah, tolonglah 'Ayyash bin Abi Rabi'ah. Ya Allah, tolonglah Walid bin Al Walid. Ya Allah, tolonglah Salamah bin Hisyam. Ya Allah, tolonglah orang-orang lemah dari kaum mukminin. Ya, Allah sempitkanlah jalan-Mu atas orang-orang yang durhaka. Ya Allah, jadikanlah tahun-tahun yang mereka lewati ibarat tahun-tahun yang dilewati Yusuf."

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR