Mengenal E-Business: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dengan E-Commerce

5 April 2023 18:04 WIB

Narasi TV

Sebuah tim yang sedang mengerjakan bisnisnya. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Perkembangan teknologi merambah pada seluruh lini kehidupan, termasuk bisnis. Konsep e-business mulai marak digencarkan sejak tahun 1990-an. Lalu, apa itu e-business, jenis, dan bedanya dengan e-commerce?

E-business adalah kegiatan bisnis yang melibatkan sistem informasi yang saling terhubung dan terkomputerisasi, sehingga kegiatan tersebut dapat terintegrasi secara online

Semua transaksi, pemesanan, dan pengadaan barang dilakukan secara online guna meminimalisir kontak langsung dari pihak-pihak yang terlibat. Oleh karena sifatnya yang efisien dan fleksibel, e-business banyak digunakan supplier atau mitra bisnis untuk memuaskan pelanggan.

Jenis-jenis e-business

E-business dibagi menjadi beberapa jenis berdasar transaksi dan tujuan. Berikut jenis-jenis e-business:

  • Business to Business

Business to Business berarti transaksi antar objek bisnis atau antar perusahaan. Proses transaksinya dapat dilakukan secara online melalui email atau electronic data interchange (EDI).

  • Consumer to Consumer

Consumer to Consumer berarti konsumen yang memasarkan produk kepada konsumen lain. 

Contohnya adalah seseorang yang menawarkan mobil di situs jual-beli.  Mobil tersebut merupakan hasil produksi perusahaan yang kemudian dibeli oleh konsumen dan dijual kembali ke konsumen lain.

  • Business to Consumer

Business to Consumer berarti perusahaan akan menawarkan produk atau jasa kepada konsumen melalui transaksi elektronik. Dengan begitu, konsumen bisa memilih produk lebih cepat dan murah.

  • Consumer to Business

Consumer to Business berarti menempatkan konsumen menjadi pihak yang aktif melakukan transaksi secara tradisional. Konsumen atau individu akan menawarkan dan menjual produk atau jasa kepada perusahaan dan organisasi. Namun, proses transaksi dilakukan secara online

  • Government to Business

Government to business adalah pemerintah yang menjalin kerja sama dengan sektor bisnis, perusahaan, atau swasta untuk interaksi secara online.

Contoh government to business adalah pendaftaran perusahaan, pajak perusahaan, pengadaan barang, dan penjualan secara resmi atau lelang.

  • Business to Government

Business to Government berarti pemasaran di sektor publik untuk jenis produk atau jasa bagi pemerintah. Biasanya pendekatan yang dilakukan adalah strategi pemasaran terpadu antara pihak swasta atau bisnis yang menawarkan kerja sama kepada pemerintah.

Contoh business to government adalah pemerintah membutuhkan pasokan sembako dari perusahaan swasta untuk dibagi ke masyarakat.

  • Government to Government

Government to government berarti bisnis yang terjadi antar pemerintah. Tujuan bisnis ini adalah untuk diplomasi, entitas masyarakat, bisnis, perindustrian, perusahaan, dan lain sebagainya.

Bisnis dengan proses administrasi kenegaraan ini contohnya adalah peraturan pajak, ekspor dan impor, pembayaran, dan lain sebagainya.

Perbedaan e-business dan e-commerce

Walaupun keduanya sama-sama melakukan transaksi, namun e-business dan e-commerce adalah istilah yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan e-business dan e-commerce:

    • Jangkauan e-business lebih luas dibanding e-commerce dari segi modal, sumber daya, dan risiko setelah transaksi dan pembelian barang. Sedangkan e-commerce terbatas pada kegiatan jual beli produk secara online.
    • Cakupan e-commerce adalah jual beli, sedangkan e-business mencakup edukasi masyarakat mengenai transaksi online.
    • E-commerce adalah bagian dari e-business karena e-business menyangkut sistem yang lebih kompleks.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR