Fakta Menarik Jungkook, Maknae BTS Kesayangan ARMY

1 September 2023 18:09 WIB

Narasi TV

Jungkook BTS. Sumber: Soompi.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Jungkook adalah member paling muda di BTS. Meski demikian, pamor Jungkook tidak kalah dari para hyung-nya. 

Sebagai seorang idola, Jungkook punya segudang talenta. Ia merupakan penyanyi berbakat yang juga punya kemampuan rap

Tak hanya itu, Jungkook juga merupakan penulis lagu dan produser rekaman yang telah membuktikan kemampuannya lewat sejumlah karya.

Hingga saat ini, Jungkook memiliki kredit sebagai penulis lagu dengan sekitar 22 Korean Music Copyright Association (KOMCA) yang didaftarkan atas namanya. 

Jungkook juga punya prestasi yang tak main-main. Namanya tercantum dalam daftar 200 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone. 

Penyanyi bernama asli Jeon Jeong Guk itu juga mencetak sejarah sebagai artis Korea Selatan pertama yang tampil di Piala Dunia 2022. 

Sejak debut bersama BTS pada 2012, Jungkook menjadi salah satu member yang paling banyak mendapatkan perhatian publik. 

Jungkook juga menjadi solois K-Pop yang paling cepat meraih 1 juta pemutaran si Spotify hanya dengan 3 lagu solo yaitu “Stay Alive”, “Left and Right”, dan “Dreamers”. 

Pada 2022, Jungkook mencetak sejarah dengan menjadi artis pria Korea pertama yang berhasil masuk ke jajaran Billboard Hot 100 melalui lagu “Stay Alive” yang diproduksinya bersama Suga. 

Dengan begitu banyak pencapaian yang diraihnya, tak heran jika maknae satu ini semakin dicintai oleh ARMY, sebutan bagi penggemar BTS. 

Di balik sosoknya yang multitalenta, terdapat beberapa fakta menarik tentang Jungkook. Apa saja kira-kira?

  • Punya panggilan “Pangeran Busan”

Jungkook sang maknae BTS lahir pada 1 September 1997 di Busan, Korea Selatan. Oleh sebab itu, ia kerap dipanggil dengan sebutan “Pangeran Busan” oleh para penggemarnya. 

Jungkook pindah ke Seoul pada akhir tahun 2010 untuk menjadi trainee dan bersekolah di School of Performing Arts Seoul (SOPA). 

  • Dilirik 7 label musik sebelum debut

Pada 2011, Jungkook berpartisipasi dalam audisi yang digelar oleh Mnet yaitu SuperStar K musim ketiga. Namun, ia tidak lolos sampai final. 

Meski begitu, Jungkook berhasil menarik perhatian sejumlah label musik ternama di Korea, termasuk Big Hit Entertainment.

  • Gabung BTS karena RM

Dengan banyaknya label musik yang menyatakan ketertarikan seperti JYP Entertainment, FNC Entertainment, dan TS Entertainment, Jungkook memilih untuk bergabung bersama Big Hit Entertainment. 

Salah satu faktor yang mendorong keputusan itu adalah kekaguman Jungkook terhadap leader BTS, Kim Namjoon atau RM. Saat itu, RM masih menjadi seorang rapper underground dengan nama panggung Runch Randa. 

  • Nyaris pakai nama panggung “Seagull”

Dalam beberapa wawancara, Jungkook mengungkapkan bahwa ia hampir menggunakan nama panggung “Seagull” yang mengacu pada burung resmi di Busan, kota kelahirannya. 

Namun, ia memilih untuk menggunakan nama aslinya, Jeon Jeong Guk, dengan variasi pelafalan seperti yang kita kenal sekarang yaitu Jungkook. 

  • Bisa bermain banyak instrumen

Meski awalnya tak begitu paham musik, Jungkook senang mempelajari instrumen baru dan kini telah menguasai beberapa alat musik.

Jungkook mampu bermain gitar dan drum dan sering unjuk kebolehannya dalam memainkan kedua instrumen itu di berbagai kesempatan.  

  • Jago beatbox

Semenjak sebut, Jungkook telah menunjukkan bakat beatbox. Ia menggabungkan vokalnya dengan elemen beatbox untuk menghasilkan irama yang unik. 

Tak jarang, Jungkook melakukan beatbox di tengah-tengah lagu yang sedang ia nyanyikan.

  • Punya sabuk hitam taekwondo

Jangan macam-macam dengan Jungkook, sebab ia merupakan pemegang sabuk hitam taekwondo. 

Jungkook mulai berlatih bela diri asal Korea itu pada usia 12 tahun. Video Jungkook berlatih Taekwondo semasa kecil kini telah mencapai lebih dari 2 juta penonton di YouTube.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR