Ramai Pemeluk Agama Non-Islam Ikut Berburu Takjil, Fenomena Unik di Bulan Ramadan yang Tuai Perdebatan Kocak

20 Maret 2024 16:03 WIB

Narasi TV

Warga membeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil. Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Media sosial tengah diramaikan dengan pembahasan soal tradisi berburu takjil di bulan Ramadan. Pasalnya, terdapat fenomena unik di mana masyarakat yang tak beragama Islam turut serta dalam perburuan takjil menjelang waktu berbuka puasa.

Di Indonesia, kemeriahan Ramadan memang tak hanya dirasakan oleh umat Muslim. Dengan adanya berbagai tradisi khas seperti buka bersama (bukber) dan berburu takjil, semua masyarakat dapat ikut memeriahkan suasana di bulan puasa.

Tak jarang, pemeluk agama lain juga mengikuti berbagai kegiatan di bulan Ramadan seperti bukber yang diadakan bersama sahabat, teman sekolah, atau rekan kantor. Rupanya, tak cuma bukber, masyarakat non Muslim juga telah menanti-nantikan momen berburu takjil dan menu berbuka puasa yang biasanya dilakukan mulai sore hari hingga waktu Magrib. 

Deretan kudapan dan penganan yang dijajakan oleh penjual takjil menjelang berbuka memang mampu menggoda siapa saja yang melihatnya. Bahkan, para pemeluk agama non-Islam yang tidak ikut berpuasa terkadang justru menjadi yang paling semangat mencari takjil sembari ikut ngabuburit. 

Fenomena para nonis yang ikut berburu takjil ditanggapi dengan penuh canda oleh warganet di media sosial. Banyak yang takjub dengan kegigihan mereka berburu takjil, bahkan sampai rela menunggu sejak pukul 3 sore saat para pedagang baru menggelar lapaknya. 

“Aku non Muslim jam 15.30 udah start beli takjil, selama puasa minta jatah suami 50 ribu setiap hari buat beli takjil,” demikian komentar salah seorang warganet dalam sebuah tangkapan layar yang beredar di media sosial X. 

Balas dendam yang kocak

Di sisi lain, masyarakat Muslim yang merasa dirugikan karena meningkatnya persaingan dalam berburu takjil menyarankan strategi balas dendam yang tak kalah kocak. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR