Film Budi Pekerti Raih 17 Nominasi di Festival Film Indonesia 2023

18 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Salah satu adegan dalam film "Budi Pekerti." Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI) atau Piala Citra 2023 belum lama ini diumumkan. Film Budi pekerti garapan sutradara Wregas Bhanuteja meraih nominasi terbanyak yaitu 17 nominasi. 

Budi Pekerti yang dijadwalkan tayang pada November mendatang memboyong nominasi di kategori Film Cerita Panjang Terbaik, bersaing dengan 24 Jam Bersama Gaspar, Like & Share, Sleep Call, dan Women From Rote Island.

Wregas Bhanuteja yang sebelumnya menggarap film Penyalin Cahaya dinominasikan pada dua kategori yaitu Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik. 

Selain sang sutradara, para pemain film Budi Pekerti juga mendapatkan nominasi di FFI 2023, mulai dari Pemeran Utama Perempuan Terbaik (Sha Ine Febriyanti), Pemeran Utama Pria Terbaik (Angga Yunanda), Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Prilly Latuconsina), hingga Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Dwi Sasono dan Omara Esteghlal). 

Dari segi teknis produksi, Budi Pekerti juga membuktikan kualitasnya yang mumpuni lewat nominasi pada kategori  Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Busana Terbaik, dan Penata Rias Terbaik. 

Nominasi juga diraih film Budi Pekerti pada aspek post produksi yang meliputi Penata Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, hingga Pencipta Lagu Tema Terbaik. 

Budi Pekerti sebelumnya telah ditayangkan di Toronto International Film Festival (TIFF) 2023 pada awal September lalu. 

Budi Pekerti juga akan menjadi film pembuka pada ajang Jakarta Film Week 2023 yang akan digelar pada 25—29 Oktober mendatang. 

Sinopsis film Budi Pekerti

Berlatar Yogyakarta di masa pandemi, Budi Pekerti bercerita tentang Bu Prani (Sha Ine Febriyanti), guru bimbingan konseling (BK) yang terlibat perselisihan dengan seorang pembeli di pasar. 

Rupanya, kejadian itu direkam oleh seseorang dan diunggah ke media sosial. Video itu menjadi viral dan membuat Bu Prani dihujat oleh warganet. Ia dianggap tidak mencerminkan sikap sebagai seorang tenaga pendidik. 

Masalah menjadi semakin runyam karena anggota keluarga Bu Prani ikut terkena imbas dari video tersebut. Mereka turut mendapatkan hujatan, tak hanya di jagat maya melainkan juga di lingkungan sosialnya. 

Kisah keluarga Bu Prani dapat kamu saksikan di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 2 November 2023.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR