11 Film Drakor Terbaik Beragam Genre Mulai dari Romance sampai Thriller

1 Februari 2024 21:02 WIB

Narasi TV

Poster beberapa drakor terbaik. (Sumber: Istimewa)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Drama Korea atau drakor kini menjadi salah satu produk budaya Korea yang paling populer di dunia. Sepanjang perkembangan pesat tontonan asal Korea Selatan tersebut, terdapat drakor-drakor yang dianggap memiliki mutu terbaik di antara yang paling baik.

Beragamnya tema cerita yang diangkat dan cara para sineas mengemasnya menjadi tontonan menarik membuat para penggemar budaya Korea di dunia menantikan tiap episodenya.

Daftar drakor terbaik

Sebelas drakor berikut ini dianggap sebagai yang terbaik di antara drakor-drakor populer yang menjadi favorit banyak orang.

1. The Heirs (2013)

Salah satu poster promosi drama "The Heirs" (2013). (Sumber: Netflix)

Saat membahas film drakor terbaik rasanya tidak afdol, jika tidak menyelipkan drama The Heirs di dalamnya. Drama ini menceritakan cinta antara anak asisten rumah tangga dan anak majikannya.

The Heirs merupakan salah satu tonggak kepopuleran drakor di kancah industri film internasional.

Drama ini merupakan drama yang berhasil melambungkan nama Lee Min Ho ke kancah Internasional dan sederet aktor Korea lain seperti Park Shin Hye, Kim Woo Bin, Kang Ha Neul, Kim Ji Won, Krystal Jung, Kang Min Hyuk, dan Park Hyun Sik.

Drama ini  berhasil mendulang kesuksesan dengan berhasil mendapatkan banyak penghargaan seperti drama terbaik dalam ajang DramaFever Awards 2013.

2. Descendants of the Sun (2016)

Aktor Song Joong Ki (kiri) dan Song He Kyo (kanan) dalam sebuah adegan drama "Descendants of the Sun" (2016).

Descendants of the Sun merupakan drama Korea fenomenal di tahun 2016. Drama ini disiarkan di 32 negara, di antaranya Australia, Jepang, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Drama ini merupakan hasil kolaborasi sutradara Lee Eun Book dengan salah satu penulis naskah drama Korea kenamaan Kim Eun Sook.

Mengisahkan tentang drama romansa yang pelik antara seorang tentara dan petugas kesehatan militer Korea Selatan. Keduanya adalah Kapten Yoo Shi Jin dan dokter Kang Mo Yeon yang bertemu dalam sebuah misi kemanusiaan dunia.

Kala itu, drama ini menjadi fenomena dunia, termasuk Indonesia. Kepopuleran Descendants of the Sun tak hanya dikarenakan bagaimana cerita ditampilkan, melainkan juga hal-hal di sekelilingnya.

Melalui drama ini, nama Song Joong Ki dan Song Hye Kyo meraih pengakuan dunia internasional sebagai aktor Korea kenamaan.

Sejak beradu peran di drama tersebut, keduanya juga menjalin hubungan romansa di dunia nyata dan sempat melangsungkan pernikahan sebelum kemudian berpisah.

Penampilan keduanya dalam drama ini juga berhasil membuat mereka mendapat penghargaan sebagai Best Couple Award dan Best Asia Couple Award di ajang penghargaan bergengsi KBS Award 2016.

Tidak hanya itu kesuksesan mereka berhasil mengantarkan Descendants of the Sun sebagai Grand Prize (TV) dalam perhelatan Baeksang Arts Awards ke-52.

3. Goblin (2016)

Salah satu poster promosi drama "Goblin" (2016). (Sumber: Vidio)

Drama yang rilis perdana pada 2 desember 2016 ini cukup menyita banyak perhatian para penggemar drama Negeri Gingseng. Selain menyajikan jalan cerita yang segar kala itu, drama ini juga menghadirkan para pemeran yang tak perlu diragukan lagi.

Drama yang dibintangi Gong Yoo dan Kim Go Eun ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Kim Shin yang diperankan Gong Yoo. 

Kim Shin merupakan sosok goblin atau peri yang ditugaskan melindungi nyawa manusia. Namun semuanya menjadi rumit ketika ia terjerat kisah cinta dengan seorang manusia.

4. School (2017)

Salah satu poster promosi drakor "School" (2017). (Sumber: Viu)

Ketika orang Korea Selatan begitu dikenal karena sangat mendambakan prestasi akademis dibandingkan yang lainnya, drama School mengangkat kisah seorang gadis SMA yang punya bakat luar biasa untuk menggambar namun tidak di bidang akademis.

Ia punya cita-cita untuk melanjutkan studi ke Universitas Hankuk, salah satu universitas bergengsi di Negeri Ginseng, namun nilai akademisnya yang selalu buruk membuat mimpinya menjadi rumit.

Ia harus bekerja ekstra di tengah perundungan dan alienasi yang ia dapatkan karena menjadi yang paling bodoh di sekolah. 

Drama ini sukses melambungkan sejumlah nama pemainnya, seperti Kim Se Jong, Kim Jung Hyun, Jang Dong Yoon, Seol In A, dan Ro Woon.

School juga berhasil mengantarkan Kim Se Jong meraih banyak penghargaan sebagai Best New Actress di 2017 KBS Drama Awards dan nominasi Best Popular Actress dalam The Seoul Awards 2017.

5. Crash Landing on You (2019)

Salah satu adegan drama "Crash Landing on You" (2019). (Sumber: Netflix)

Crash Landing on You atau Sarangui Bulsichak adalah salah satu darama Korea yang cukup populer. Drama ini menghadirkan kompleksitas hubungan Korea Selatan dan Korea Utara sebagai latar cerita drama yang diangkat. 

Drama ini mengisahkan seorang pewaris konglomerat asal Korea Selatan yang secara tak sengaja mengalami kecelakaan dan terjebak di Korea Utara.

Hubungan tak baik antara Korsel dan Korut pasca Perang Saudara Korea membuatnya berada dalam situasi serba sulit.

Premis cerita Crash Landing on You terinspirasi dari kisah nyata yang melibatkan aktris Jung Yang. Pada September 2008, Yang dan tiga orang lainnya harus diselamatkan karena kapal yang mereka naiki masuk ke perbatasan Korea Utara akibat kabut.

Drama ini disutradarai oleh Lee Jeon-hyo dan dibintangi sederet aktor kawakan Korea Selatan seperti Hyun Bin, Son Ye-jin, Kim Jung-hyun, dan Seo Ji-hye.

6. The World of the Married (2020)

Salah satu poster promosi drakor "The World of the Married" (2020). (Sumber: Netflix)

The World of The Married menjadi salah satu daftar film drakor terbaik, mengisahkan tentang kisah cinta perselingkuhan yang cukup dekat dengan kehidupan masyarakat.

Selain itu keterlibatan aktris veteran Kim Hee-ae, drama ini sendiri sebenarnya merupakan remake serial TV asal Inggris yang berjudul Doctor Foster.

Drama ini sukses melambungkan sejumlah nama aktor Korea, salah satunya adalah Han So Hee yang menjadi tokoh antagonis.

7. Hospital Playlist (2020)

Salah satu poster drakor "Hospital Playlist" (2020). (Sumber: Netflix)

Hospital Playlist merupakan drakor yang mengangkat kisah persahabatan lima orang dokter yang saling memahami hanya dengan melalui tatapan mata.

Bagaimana drakor ini menampilkan kisah persahabatan yang hangat dan keriuhan dunia tenaga kesehatan di rumah sakit membuat drama ini begitu populer.

Alih-alih berfokus pada jalan cerita yang umumnya rumit, para penonton drama ini diajak untuk bersimpati dan merasakan kehangatan pertemanan setiap dokter yang tak jarang memantik gelak tawa.

Drama ini merupakan ajang kolaborasi antara sutradara Shin Won Ho dan penulis naskah Lee Woo Jung.

8. It’s Okay to Not Be Okay (2020)

Salah satu poster drakor "It's Okay to Not Be Okay" (2020). (Sumber: Netflix)

It’s Okay to Not Be Okay merupakan drama pertama yang diperankan oleh Kim So Hyun setelah ia menjalani wajib militer dan menjadi pemeran utama.

Kim So Hyun tidak sendiri pasalnya banyak sederet aktris terkenal seperti Seo Ye Ji, Oh Park Gyu Young, dan Jang Young Nam yang meramaikan drama ini.

Drama yang juga dikenal dengan judul Psycho but It’s Okay ini berkisah tentang seorang staff psikiater dengan seorang penulis buku anak-anak populer. 

Moon Kang-tae (Kim Soo-hyun) merupakan karakter laki laki yang tidak percaya dengan adanya cinta semetara itu Go Moon young (Seo Ye Ji), sang penulis yang begitu populer di kalangan anak-anak, merupakan perempuan yang memiliki kepribadian yang sombong, anti sosial, bahkan sangat egois.

Sifat keduanya yang begitu bertolak belakang ternyata membawa mereka pada luka dan trauma masa lalu.

9. Vincenzo (2021)

Salah satu adegan drama "Vincenzo" (2021). (Sumber: Netflix)

Keterlibatan nama besar Song Jong Ki menjadikan Vincenzo sebagai drama yang cukup populer di kalangan pecinta drakor.

Vincenzo (Song Jong Ki) merupakan seorang pengacara kelahiran Korea yang besar di Italia sebagai tangan kanan keluarga mafia di Negara Pizza tersebut.

Ketika keluarga mafia yang membesarkannya perlahan runtuh karena perebutan warisan, Vincenzo harus kembali ke negara asalnya untuk menyelamatkan aset bos mafia yang telah menjadi sosok ayah baginya.

Vincenzo menyelundupkan emas dalam jumlah besar ke ruang bawah tanah sebuah pusat perbelanjaan yang hampir bangkrut.

Ketika hendak mengambilnya, Vincenzo yang kala itu menjadi buron Interpol harus membuat aliansi dengan para pemilik toko di sana melawan mafia tanah yang ingin menggusur mereka.

Vincenzo merupakan drama garapan sutradara kenamaan Korea Kim Hee Won. Sementara untuk penulis skenario digarap oleh Park Jae Bum yang tak kalah populer dengan sang sutradara.

10. Law School (2021)

Salah satu poster drama "Law School" (2021). (Sumber: Netflix)

Law School mengisahkan tentang kematian Yang Jong Hoon (Kim Hyung Min), seorang mantan jaksa senior yang kini menjalani masa pensiun sebagai profesor Fakultas Hukum Universitas Hankuk.

Kematiannya menjadi menghebohkan karena terjadi di tengah ujian praktik persidangan para mahasiswa Universitas Hanguk. Bukti-bukti yang kemudian muncul juga menunjukkan indikasi bahwa sang profesor dibunuh.

Para mahasiswa yang datang ke Universitas Hankuk untuk belajar ilmu hukum, kemudian harus bahu membahu menegakkan keadilan bagi guru mereka tersebut.

Drama bertemakan hukum ini digarap oleh Kim Suk Yoon dan dibantu Seo In sebagai penulis skenario. 

11. Squid Game (2021)

Salah satu adegan drakor "Squid Game" (2021). (Sumber: netflix)

 

Drama bergenre thriller ini menjadi salah satu film drakor paling populer di dunia. Drama ini mengisahkan tentang perjuangan ratusan orang yang mengikuti permainan beresiko untuk memperebutkan hadiah uang tunai senilai 45,6 miliar won. 

Akan tetapi, untuk mendapatkan hadiah uang tunai dengan nilai yang fantastis tersebut, mereka harus membayarnya dengan harga yang paling mahal, yakni nyawa mereka sendiri.

Squid Game menjadi  drama Korea pertama yang masuk peringkat ke-2 serial Netflix yang paling banyak ditonton secara global.

Bahkan Squid Game mampu menduduki peringkat pertama di 14 negara termasuk Korea, Hong Kong, Kuwait, Malaysia, Morocco, Oman, Filipina, Qatar, Arab Saudi, dan Singapura.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR