Fitur Baru WhatsApp di iPhone, Pin Message hingga VN Sekali Dengar

17 Desember 2023 17:12 WIB

Narasi TV

Aplikasi WhatsApp di handphone. Sumber: Pexel.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

WhatsApp kembali merilis fitur-fitur terbaru, kali ini eksklusif bagi pengguna iPhone. Melalui pembaruan untuk iOS versi 23.25.79, WhatsApp memperkenalkan tiga fitur terbaru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Ketiga fitur ini akan tersedia ketika pengguna iOS mengunduh pembaruan terbaru WhatsApp dari App Store. Dalam waktu dekat tidak menutup kemungkinan jika fitur-fitur baru ini juga akan tersedia untuk perangkat Android.

Lantas, ada apa saja fitur terbaru WhatsApp di perangkat iOS/iPhone?

  • Menyematkan pesan di obrolan dan grup

WhatsApp versi terbaru di iPhone memungkinkan penggunanya untuk menyematkan atau pin pesan teks di ruang obrolan pribadi maupun grup. Ketika Anda menyematkan sebuah pesan, akan muncul notifikasi “You pinned a message” atau “Anda menandai sebuah pesan”. 

Selain itu, pesan yang disematkan akan memiliki ikon “pin: di bagian bawah kanan di dekat informasi waktu. Pesan yang ditandai juga akan muncul di bagian atas kolom percakapan, tepat di bawah kolom nama kontak atau grup. 

Selain itu, pinned message juga dapat diatur supaya otomatis terhapus setelah durasi tertentu. Terdapat tiga opsi yang tersedia yaitu 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. 

Kehadiran fitur ini dapat membantu pengguna yang aktif bertukar informasi melalui WhatsApp supaya tidak melewatkan informasi yang penting. 

  • Cek koneksi saat video call

Fitur selanjutnya yang dihadirkan WhatsApp di perangkat iPhone yaitu “Connection Health”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek kualitas koneksi internet sebelum memulai atau bergabung dalam panggilan video (video call). 

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa mengklik layar ponsel saat ada panggilan masuk. Nantinya, WhatsApp akan menampilkan informasi seputar kualitas internet panggilan video Anda secara real-time

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mengidentifikasi potensi masalah koneksi yang mungkin terjadi saat panggilan suara berlangsung dan melakukan langkah proaktif untuk mengatasinya. 

  • Pesan suara sekali dengar

Fitur terbaru yang ketiga dari WhatsApp yaitu pesan suara (voice notes) yang hanya dapat didengarkan sebanyak satu kali atau view once audio. Tampilan fitur ini mirip dengan pesan sekali lihat yang sebelumnya sudah tersedia di WhatsApp. 

Cara kerja fitur ini juga serupa dengan pesan view once. Setelah penerima mengakses dan mendengarkan pesan suara yang diatur untuk didengar satu kali, pesan suara itu akan otomatis terhapus. 

Pesan suara sekali dengar ini juga tidak dapat disimpan maupun diteruskan ke pengguna lain di luar ruang obrolan. 

Nah, itu dia ketiga fitur terbaru WhatsApp yang dirilis di perangkat iPhone. Mana yang sudah kamu coba?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR