Apa Itu Fitur Family Pairing di TikTok? Orang Tua Perlu Tahu

15 Jul 2024 13:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi logo fitur Family Pairing di TikTok. Sumber: ParentShield.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Akses ke internet dan media sosial yang begitu mudah kerap membuat orang tua ketar-ketir dan khawatir jika anaknya mengakses konten yang tidak sesuai dengan usia. 

Saat ini, sebagian besar media sosial telah memiliki fitur kontrol yang memungkinkan orang dewasa untuk memantau aktivitas anak dan remaja di dunia maya. TikTok salah satunya. 

Sejak 17 April 2020, TikTok telah meluncurkan fitur Family Pairing atau Pelibatan Keluarga di aplikasinya.  Fitur ini bertujuan untuk memberikan keamanan ekstra bagi pemilik akun TikTok yang masih berusia remaja yakni 13—18 tahun. 

Fitur Family Pairing di TikTok memungkinkan orang tua atau wali serta anak remajanya untuk megustomisasi peraturan keamanan berdasarkan kebutuhan masing-masing. 

Fitur-fitur Family Pairing

  • Manajemen Waktu Layar (screen time)

Fitur ini membantu orang tua untuk mengatur berapa lama anak remaja dapat menghabiskan waktu di TikTok setiap harinya. Pengaturan ini termasuk kustomisasi durasi bermain TikTok berdasarkan hari, misalnya lebih banyak waktu bermain di masa libur sekolah. 

Nantinya, orang tua dapat mengecek screen time anak melalui dasbor di Family Pairing. Dasbor ini berisi rangkuman berapa lama waktu yang dihabiskan di aplikasi, berapa kali aplikasi dibuka, dan total waktu yang dihabiskan di waktu siang dan malam. 

  • Mode Terbatas (restricted mode)

Mode ini akan membatasi tampilan konten yang mungkin tidak pantas untuk semua audiens, terutama anak usia remaja. Bahkan tanpa mengaktifkan fitur Family Pairing, orang tua dapat membantu anak remajanya dalam mengatur screen time dan restricted mode melalui menu Kesejahteraan Digital di aplikasi.

  • Pesan Langsung (DM)

Sebagaimana media sosial lainnya, TikTok juga memiliki fitur bertukar pesan atau direct message (DM). lewat fitur Family Pairing, orang tua dapat membatasi siapa yang dapat mengirim pesan ke akun milik anak remaja, atau dapat mematikan DM seluruhnya. 

  • Bisukan notifikasi 

Fitur ini merupakan pembaruan pada Family Pairing yang baru diluncurkan pada Maret 2023. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna tidak akan menerima notifikasi apa pun dari aplikasi TikTok. Fitur ini berguna ketika orang tua membutuhkan anaknya untuk fokus dan tidak terdistraksi oleh notifikasi dari ponselnya. 

Untuk pemilik akun berusia 13—15 tahun, notifikasi akan otomatis mati mulai pukul 9 malam. Sedangkan bagi pemilik akun berusia 16—17 tahun, notifikasi dimatikan pada pukul 10 malam. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER