Mengenal Gadhul Bashar, Salah Satu Cara Allah Melindungi Umat-Nya

21 Mar 2024 20:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi gadhul bashar. (Sumber: Freepik/stockking)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Islam memiliki ajaran yang mencakup segala dimensi kehidupan manusia agar dijadikan petunjuk dan rahmat, aturan hukum, dan pedoman hidup. Salah satunya tentang gadhul bashar.

Lantas apa yang dimaksud dengan gadhul bashar? Bagaimana Islam menerangkannya? Berikut adalah penjelasan lengkap yang telah Narasi himpunan dari berbagai sumber.

Gadhul bashar adalah

Mengutip dari laman NU Online, gadhul bashar merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yaitu gadda-yaguddu yang dalam kamus Al-Ma'ani, berarti “menundukkan, memejamkan, tidak memperhatikan.” 

Jika dimaknai, maka kata gadda-yaguddu dapat diartikan sebagai menjaga pandangan kita.

Perintah untuk menjaga pandangan ini telah Allah Swt. singgung dalam firmanNya surah An Nur ayat 30-31 yang berbunyi:

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ. وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ

Artinya “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya..…” (QS al-Nur [24]:30-31).

Para ulama tafsir, antara lain Ibnu Katsir, menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan ghadhdhul al-bashar adalah “menahan, menundukkan, atau menjaga pandangan”.

Tujuannya adalah agar tidak mengumbar penglihatan dan menahan pandangan terhadap yang bukan muhrimnya. Bahkan perintah menjaga pandangan ini juga diberlakukan bagi anak-anak.

Perintah agar anak-anak dipisahkan di tempat tidurnya adalah salah satunya. Tujuannya agar mereka tidak melihat sesuatu yang dapat mengundang hasrat seksualnya.

Manfaat gadhul bashar

Sebagai sebuah hal yang harus dilakukan oleh umat-Nya, gadhul bashar memiliki manfaat bagi kehidupan muslim yang melaksanakannya, berikut di antaranya.

  • Dapat menjauhkan diri dari fitnah, perbuatan hina, dan langkah-langkah setan yang menggiring kita untuk terus melihat perkara haram, bahkan terus mendorongnya secara berulang-ulang, hingga sulit untuk dilupakan dan dihentikan.
  • Jauh dari ketergantungan terhadap sesuatu yang terlihat mata, yang dapat merendahkan martabat diri karena memenuhi keinginan nafsu dengan cara yang tidak dibenarkan oleh syarak.
  • Selalu merasa diperhatikan oleh Allah sekaligus melatih diri untuk senantiasa takut kepada-Nya, baik dalam keadaan menyendiri maupun dalam ramai. Perasan inilah yang dapat memperkuat benteng, kesucian, dan kehormatan diri.
Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER