Ganjar Soal Delegasi Israel Hadir di Acara IPU Pimpinan Puan: Itu Kecolongan

4 April 2023 17:04 WIB

Narasi TV

Ganjar Pranowo diwawancara Najwa Shihab untuk program Mata Najwa/ Youtube Najwa Shihab

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai kehadiran delegasi Israel dalam acara Inter Parliamentary Union (IPU) yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani di Bali Maret 2022 lalu sebagai bentuk kecolongan. Menurut Ganjar mestinya tidak boleh ada pemakluman terhadap kehadiran Israel di acara itu.

"Apakah itu (kehadiran Israel di IPU) kecolongan? Kecolongan buat saya. Emangnya kita boleh mengiyakan pada soal seperti itu (membiarkan Israel hadir)?" ujar Ganjar kepada Najwa Shihab di program Mata Najwa.

Kendati menganggap kehadiran Israel di acara IPU sebagai bentuk kecolongan, namun Ganjar juga mengklaim bahwa pada saat itu sempat terjadi penolakan terhadap kehadiran Israel.

Bedanya, kata Ganjar, event IPU tidak sepopular Piala Dunia U-20.

"Mbak hampir semua tidak jadi perhatian karena ini bola. IPU sangat politik waktu itu, emang ada yang nonton? tidak," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan sikapnya menolak kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 dilatarbelakangi sejumlah alasan.

Pertama, Indonesia berkomitmen ikut menyelenggarakan perdamaian dunia dan menghapus segala bentuk penjajahan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan.

"Itu menjadi kontrak sosial kita," ujar Ganjar.

Hal tersebut menurutnya juga didukung oleh sikap politik luar negeri bebas aktif Indonesia dari sejak zaman Bung Karno hingga Jokowi.

"Kita konsisten lho Mbak membela Palestin. Itu konstitusional ideologis bagi PDI Perjuangan," kata Ganjar.

Kedua, Ganjar melihat ada potensi konflik yang sangat tinggi apabila Israel datang ke Indonesia. Apalagi baru-baru ini ada peristiwa penembakan gas air mata tentara Israel ke tim sepak bola Palestina baru-baru ini.

"Dan pemerintahannya di Israel hari ini rasa-rasanya sangat kanan sehingga potensi konfliknya akan sangat makin tinggi," kata Ganjar.

Selain itu, sebagai gubernur Jawa Tengah Ganjar juga mengaku memiliki informasi mengenai sejumlah kelompok yang menolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20.

"Kan saya juga punya informasi di Jateng mbak. Bagaimana kelompok yang punya potensi [bilang] 'Eii kita ingetin ya soal keamanan jangan sampai kemudian ini terjadi respons yang jauh lebih keras'," kata Ganjar.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengklarifikasi kabar kehadiran anggota Parlemen Israel (Knesset) pada Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Bali, 2022 lalu.
 
Indra mengatakan kehadiharan anggota Knesset bkan sebagai undangan resmi Indonesia melainkan undangan IPU selaku forum internasional yang membidangi negosiasi politik antarnegara yang mengadakan acara.
 
"Meeting IPU ke-144 adalah meeting reguler IPU yang pada tahun 2022 diadakan di Bali. Saat itu DPR RI sebagai tuan rumah hanya bertindak sebagai majelis umum," kata Indra dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Senin (27/3/2023).
 
Indra menjelaskan undangan peserta yang hadir di Sidang Umum dikeluarkan oleh Presiden IPU dan Sekjen IPU. Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai Ketua Majelis Umum hanya menjalankan tugas untuk memimpin jalannya Sidang Umum Ke-144 IPU.
 
"Agenda juga IPU yang tentukan dengan masukan dari negara host. Sebelum menjadi host, kita meneken MoU Host Country Agreement yang isinya antara lain akan menerima kehadiran seluruh anggota IPU," ujarnya.
 
Indra menyebut bahwa selama penyelenggaraan IPU ke-144 di Bali, Puan pun tidak ada kontak fisik dengan delegasi parlemen Israel.
 
"Apalagi menyambut hangat," imbuhnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR