Mengenal Lebih Jauh Google Cloud dan Beragam Manfaatnya

12 Juni 2023 15:06 WIB

Narasi TV

Logo Google Cloud. Sumber: asug.com.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Akhir-akhir ini Google Cloud banyak dibahas di berbagai kanal media. Pasalnya media milik Elon Musk, Twitter, menolak membayar tagihan ke layanan komputasi awan milik Google tersebut.

Namun, di sini kita tidak akan membahas kasusnya, yang kita bahas adalah Google Cloud. Kabarnya layanan cloud computing ini merupakan sebuah teknologi yang harus dimiliki dengan semakin meningkatkannya produktivitas development atau pengembangan jaringanmu. 

Melansir dari laman techtarget.com layanan platform google ini menawarkan berbagai layanan seperti penyimpanan, big data, jaringan, komputasi, keamanan dan alat developer.

Teknologi yang ada di Cloud diyakini sebagai solusi untuk membangun sebuah server dalam waktu yang singkat. Saat menggunakan layanan Google satu ini, beban server yang kamu kembangkan dapat berkurang.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Google Cloud, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Google Cloud adalah

GCP atau biasa dikenal dengan Google Cloud Platform adalah sebuah rangkaian layanan cloud public yang sejatinya diciptakan Google sebagai layanan keperluan komputasi, storage, dan app development yang berjalan di hardware Google.

Para pelanggan bisa mengakses resource komputer yang disimpan di pusat data Google di seluruh dunia secara gratis atau berbayar saat menggunakan layanan ini.

Google Cloud dianggap sebagai provider layanan cloud storage yang kini bersaing dengan Amazon Web Services dan Microsoft Azure.

Layanan Google Cloud

Melansir dari acloudguru.com Google Cloud memiliki beberapa layanan yang dapat diakses melalui internet. Berikut adalah beberapa layanan Google Cloud, simak ulasanya. 

Google Computer Engineer

Layanan pertama ada Google Computer Engineer. Fitur ini dapat membantu proses development secara cepat, dilengkapi dengan penyimpanan yang kuat dan juga merupakan IaaS atau infrastructure-as-a-service yang menyediakan dukungan instance VM untuk hosting.

Google App Engine

Layanan kedua ini menawarkan platform-as-a-service (PaaS) yang dapat memberikan developer perangkat lunak dan juga pengembangan mark up language.

Google Cloud Storage

Layan satu ini dirancang untuk menyimpan kumpulan beberapa data yang tidak terstruktur dan besar. Layanan ini digadang-gadang sebagai salah satu layanan penyimpanan terbaik dari Google Cloud. 

Google Kubernetes Engine (GKE)

Layanan yang keempat adalah Google Kubernetes Engine, sebuah sistem pengelolaan manajemen dan orkestrasi untuk container Docker yang berjalan dalam sistem cloud publik Google. 

Google Cloud’s operation suite

Terakhir ada Google Cloud’s operation suite merupakan layanan yang menyediakan seperangkat alat yang berfungsi untuk mencatat, memantau, dan melaporkan layanan yang dikelola google cloud.

Manfaat Google Cloud

  • Development yang dibangun menggunakan cloud cenderung lebih aman
  • Layanan google cloud bisa diakses dengan mudah, dimana dan kapan saja
  • Dapat menambahkan beberapa orang dalam cloud yang saa
  • Harga cenderung murah dibandingkan produk kompetitor lainnya
  • Dapat meningkatkan kinerja development

Demikian penjelasannya. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR