Hari Ibu 2023 Tanggal Berapa? Simak Sejarah dan Perbedaannya dengan Mother’s Day

19 Desember 2023 16:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi ucapan selamat Hari Ibu. (Sumber: Freepik)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Pembahasan seputar Hari Ibu biasanya mulai banyak bermunculan di akhir bulan Desember seperti saat ini. Peringatan Hari Ibu ditujukan untuk menghormati dan mengapresiasi peran ibu yang luar biasa.

Namun, kapan sebenarnya Hari Ibu 2023? Apakah Hari Ibu memang jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya?

Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember merupakan Hari Ibu Nasional. Artinya, hanya masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember. 

Dengan demikian, Hari Ibu Nasional 2023 akan jatuh pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang. 

Sementara itu, ada juga perayaan Hari Ibu yang dirayakan di skala global yaitu Mother’s Day. Jika Hari Ibu Nasional jatuh 22 Desember setiap tahunnya, Mother’s Day dirayakan setiap bulan Mei.

Sama seperti Hari Ibu Nasional di Indonesia, peringatan Mother’s Day juga dibuat untuk menghormati sosok ibu dan jasa-jasa yang telah dilakukannya. 

Sejarah Hari Ibu Nasional 22 Desember

Hari Ibu di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 22 Desember berawal dari Kongres Perempuan Indonesia I yang diselenggarakan pada 22–25 Desember 1928 di Yogyakarta. 

Dari rapat yang melibatkan 30 organisasi dari 12 kota di Jawa dan Sumatra itu terbentuk federasi organisasi perempuan yang diberi nama Perikatan Perempuan Indonesia (PPI).

Gagasan Hari Ibu sendiri baru mengemuka pada Kongres Indonesia III yang diselengarakan pada 23—28 Juli 1938.

Saat itu, Perkumpulan Isteri Indonesia (PII) mengusulkan ditetapkannya Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, bertepatan dengan hari pertama Kongres Perempuan Indonesia I. 

Hari Ibu kemudian disahkan menjadi hari besar nasional melalui Dekrit Presiden RI No. 316 Tahun 1959. 

Sejarah Mother’s Day bulan Mei 

Berbeda dengan Hari Ibu di Indonesia, Mother’s Day merupakan perayaan di Amerika Serikat yang diadakan pada hari Minggu kedua bulan Mei setiap tahunnya. 

Mother’s Day diprakarsai oleh Anna Jarvis pada 12 Mei 1907 di Grafton, West Virginia. Ia mengadakan acara untuk mengenang ibunya sekaligus menyusun kegiatan Mother’s Day dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kebersihan tempat tinggalnya. 

Dalam rentang waktu lima tahun, setiap negara bagian di Amerika Serikat mulai mengadakan kegiatan serupa. 

Pada 1914, Presiden Woodrow Wilson menjadikan perayaan Mother’s Day sebagai hari besar nasional. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR