Kapan Hari Raya Kuningan 2024? Cek Tanggal, Hari Libur, dan Dispensasinya di Sini

7 Maret 2024 12:03 WIB

Narasi TV

Dokumentasi hari raya Kuninagn di Bali pada 2023 lalu. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Sebentar lagi, umat Hindu di Indonesia akan merayakan hari suci Kuningan yang jatuh pada Sabtu, 9 Maret 2024. Hari Raya Kuningan diperingati setiap enam bulan sekali berdasarkan kalender Bali, tepat 10 hari setelah Hari Raya Galungan.

Dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 7 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama, dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2024 tertulis bahwa Hari Raya Kuningan diperingati pada 9 Maret dan 5 Oktober 2024.

Meski begitu, dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, Hari Raya Kuningan tidak termasuk dalam daftar hari libur nasional dan cuti bersama.

Hari Raya Kuningan adalah peringatan kebesaran Sang Hyang Widhi yang muncul sebagai Sang Hyang Parama Wisesa. Sang Hyang Parama Wisesa dianggap sebagai roh suci dan pahlawan dharma yang membentuk akhlak manusia menjadi luhur.

Saat Hari Raya Kuningan, biasanya umat Hindu akan melaksanakan upacara dan persembahyangan sampai setengah hari. Umat Hindu percaya bahwa para Dewa dan Bhatara diiringi Pitara hanya turun ke bumi sampai pukul 12.00 saja.

Jika lewat dari pukul 12.00, maka prosesnya hanya akan diterima oleh Bhuta dan Kala. Hal tersebut dikarenakan para Dewata telah kembali ke Kahyangan.

Libur dan dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR