Pengertian Hasad, Penyebab, dan Dampaknya Menurut Islam

10 Juli 2023 20:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi hasad berupa sifat iri dengki atas pencapaian orang lain. (Sumber: Freepik/master1305)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Hasad adalah sifat tercela yang dapat menghadirkan berbagai penyakit hati dalam tubuh, salah satunya iri hati atau dengki.

Iri hati dan dengki, dalam Islam, adalah sikap yang harus dihindari oleh setiap muslim.

Mengenai larangan memiliki sikap dengki dan iri disebutkan dalam sebuah hadis Nabi Muhammad saw. berikut ini:

لاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَنَاجَشُوا وَلاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَدَابَرُوا وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ وَكُوْنُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَاناً . الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَلاَ يَكْذِبُهُ وَلاَ يَحْقِرُهُ . التَّقْوَى هَهُنَا –وَيُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ – بِحَسَبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ، كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ

Artinya: "Janganlah kamu saling mendengki, jangan saling mencari kesalah orang lain, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi. Janganlah kamu membeli barang yang sedang ditawar orang lain. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, karena itu tidak boleh menganiayanya, menelantarkannya, membohonginya, menghinakannya. Takwa itu di sini (Nabi memberi isyarat ke dadanya tiga kali). Cukuplah bagi seseorang dikatakan buruk, apabila ia menghina saudaranya sesama muslim. Setiap orang muslim atas muslim lainnya adalah haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya. (HR. Muslim, 2563).

Pengertian hasad

Mengutip dari buku Studi Akhlak dalam Perspektif Al-qur’an karangan M. Yatimin Abdullah, hasad merupakan salah satu akhlak yang buruk yang benar-benar tidak ada manfaatnya.

Secara etimologi, kata “hasad” artinya adalah menaruh perasaan marah (benci, tidak suka) karena sesuatu yang memberi keberuntungan terhadap orang lain.

Hasad merupakan rasa benci di dalam hari terhadap kenikmatan yang didapatkan oleh orang lain dengan maksud supaya nikmat yang orang miliki hilang atau berpindah kepadanya.

Sifat iri atau dengki ini berhukum haram lantaran dapat merugikan orang lain.

Penyebab timbulnya hasad

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan adanya sifat hasad.

1. Permusuhan

Salah satu penyebab timbulnya sifat hasad yang pertama adalah adanya permusuhan, yang di mana seseorang atau salah satu pihak tidak menyukai pihak lain.

2. Kekalahan

Dalam sebuah kompetisi tidak semua orang dapat menerima kekalahan, hal tersebut berdampak timbulnya penyakit hati yang disebut hasad.

3. Sombong

Sifat sombong yang ada dalam hati seseorang akan dapat menimbulkan penyakit hari seperti iri dengki dengan keberhasilan orang lain.

Dampak dari sifat hasad

Melansir dari NU Online terdapat beberapa keburukan yang ditimbulkan dari sifat hasad, antara lain:

  • Hati yang tidak tenang dan fisik yang sakit,
  • Rendahnya martabat dan derajat karena tidak disenangi banyak orang,
  • Sulit mendapatkan teman,
  • Terakhir, dan yang paling ditakutkan, yaitu mendapatkan murkaNya Allah karena tidak memiliki sifat syukur dan melawan ketetapanNya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR