Hasil Sidang Isbat Pemerintah Menetapkan Idul Adha Senin, 17 Juni 2024

8 Jun 2024 13:06 WIB

thumbnail-article

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki (kiri) memberikan keterangan pers hasil sidang isbat penetapan 1 Zulhijah 1445 H di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (8/6/2024). Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan ini diumumkan langsung oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki usai Sidang Isbat penentuan 1 Dzulhijjah 1445 H dalam konferensi pers Sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat 7 Juni 2024.

"Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS tersebut, serta adanya laporan hilal terlihat, disepakati bahwa 1 Zulhijah tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024 Masehi, dan Insya Allah Hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin tanggal 17 Juni 2024," kata Saiful Rahmat Dasuki.

Sebelumnya, Tim Hisab Rukyat Kemenag RI telah memaparkan hasil hisab posisi hilal Dzulhijjah 1445 H. Posisi hilal sudah jauh di atas kriteria MABIMS.

"Ini Indonesia, kita lihat 7,26 derajat lebih mudah dengan desimal, ini di daerah Merauke, kemudian ketinggiannya 10,68 di daerah Sabang. Elongasinya 11,58 untuk di Merauke sementara di Sabang 13,24 derajat. Sudah jauh di atas kriteria MABIMS seluruh wilayah Indonesia," terang Anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya.

Hasil Sidang Isbat telah dimusyawarahkan

Berdasarkan pantauan rekan media, Sidang Isbat penentuan 1 Dzulhijjah 1445 H dihadiri oleh oleh sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Tidak hanya itu Sidang Isbat ini juga dihadiri oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren.

Dalam konferensi persnya Wamenag juga menyatakan, jika keputusan penentuan awal Dzulhijjah merupakan hasil dari laporan rukyatul hilal yang dibawa dalam Sidang Isbat, dan telah dimusyawarahkan oleh para ulama, tokoh-tokoh Organisasi Kemasyarakatan (ormas), pakar Ilmu Falak dan astronomi, serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Keputusan Pemerintah sama dengan PP Muhammadiyah

Keputusan pemerintah mengenai pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini sama dengan dengan keputusan PP Muhammadiyah yang terlebih dulu menetapkan tanggal jatuhnya Lebaran Haji tersebut

Penetapan ini telah tertuang Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah, tanggal 10 Dzulhijjah 1445 H atau Hari Raya Idul Adha 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Penetapan PP Muhammadiyah ini berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menentukan awal bulan Hijriah.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER