Heru Resmi Dilantik, Mau Aktifkan Lagi Pengaduan Warga di Balai Kota Jakarta

17 Oktober 2022 02:40

Narasi TV

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono melakukan swafoto dengan PNS yang menyambut kehadirannya di Balai Kota Jakarta, Senin (17/10/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Penulis: Ani Mardatila

Editor: Frendy

Heru Budi Hartono resmi dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. 

Pengakatan Heru berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 100/P Tahun 2022 Tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Masa Jabatan 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 14 Oktober 2022. 

"Hari ini, Senin, tanggal 17 Oktober 2022, saya, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik saudara Heru Budi Hartono sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta," kata Mendagri, Muhammad Tito Karnavian pada Senin (17/10/2022) mengutip Antara.

Heru Budi sebelumnya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) sejak 2017.

3 Isu Prioritas Titipan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan tiga isu prioritas kepada Heru dalam menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur DKI nanti, yakni penanganan banjir, tata ruang, dan kemacetan lalu lintas.

"Kemarin saya sudah sampaikan kepada Pak Heru, utamanya persoalan utama di DKI Jakarta. Macet, banjir, harus ada progres perkembangan yang signifikan. Kemudian yang ketiga, hal yang berkaitan dengan tata ruang, itu saja," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara Jakarta, Senin (10/10/2022).

Sepak terjang Heru di wilayah ibukota bukan pertama kalinya. Ketika Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 sampai 2014 lalu, Heru ditunjuk Jokowi sebagai Walikota Jakarta Utara.

Posko Pengaduan Warga di Balai Kota

Heru berjanji akan blusukan setiap hari setelah dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, dirinya punya rencana untuk membuka kembali posko pengaduan warga di Balai Kota Jakarta.

"Insya Allah begitu, besok saya melakukan pengarahan ke seluruh pejabat DKI," kata Heru di Balai Kota, Senin (17/10/2022) mengutip Antara.

Nantinya, setiap pagi mulai pukul 08.00-09.00 WIB warga DKI Jakarta bisa menyampaikan keluh kesah terkait permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

Posko pengaduan masyarakat di Balai Kota sempat digelar pada era kepemimpinan Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, hingga Djarot Saiful Hidayat. 

Namun, posko pengaduan itu sempat hilang di era kepemimpinan Anies Baswedan.

Tak hanya soal itu, Heru juga mengaku akan berkoordinasi dengan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim berkenaan dengan rencana relokasi warga di sepanjang Jalan RE Martadinata, terutama di sekitar Taman BMW yang kini menjadi lokasi Jakarta International Stadium (JIS).

Anies: Masalah Jakarta Akan Datang dan Pergi

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa masalah di Jakarta akan datang dan pergi, serta menjadi tugas dari siapa pun yang bertugas adalah menyelesaikan permasalahan tersebut satu per satu.

"Dan harapannya, itu menjadi semacam lapis demi lapis solusi yang berkepanjangan dari Jakarta," tutur Anies, kepada wartawan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

“Kami semua bekerja dengan merujuk kepada dokumen-dokumen itu dan itulah cara kerja di pemerintahan. Dan kami yakin itu juga yang selalu digunakan siapa pun yang bertugas, termasuk Pak Heru,” lanjut Anies.

Dikutip dari Antara, Anies menyebut keputusan Jokowi menunjuk Kasetpres, Heru Budi Hartono menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta adalah tepat.

"Jadi, keputusan yang dibuat oleh bapak presiden adalah keputusan yang tepat. Insya Allah, Pak Heru kami yakin akan bisa menuntaskan semua tantangan ini dengan baik," ucap Anies kepada wartawan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya