Kronologi Mundurnya Husein Ali Sebagai ASN di Pangandaran

10 Mei 2023 14:05 WIB

Narasi TV

Husein Ali Rafsanjani. Sumber: akun Instagram @husein_ar.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Media sosial kembali dihebohkan dengan munculnya pengakuan Husein Ali (27), anak muda yang memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) Kabupaten Pangandaran.

Kronologi dan alasan ia sampai mengundurkan diri diunggah pada laman akun Instagram pribadinya @husein_ar pada 8 Mei 2023.

Kronologi kejadian

Pria yang akrab disapa Husein ini menjelaskan kronologi kejadiannya bermula saat ia mendapatkan tugas sebagai ASN di Kabupaten Pangandaran tahun 2020 lalu.

Di tahun yang sama dia harus mengikuti latihan dasar (Latsar) di Bandung. Satu minggu sebelum mengikuti pelatihan tersebut, ia dan semua CPNS yang lain diminta untuk membayar uang transportasi.

Bagi setiap CPNS yang ikut ataupun tidak ikut diwajibkan untuk membayar uang transport tersebut. Hal itulah yang membuat Husein geram.

Tak sampai di situ, Husein juga dimintai uang Lastar sebesar Rp350 ribu. Saat itu ia sangat keberatan karena ia tidak memiliki uang.

Sebagai bukti, ia memberikan foto rekeningnya dengan nominal saldo yang tidak sampai Rp500 ribu. Bahkan saat itu ia juga belum menerima gajinya selama 3 bulan sebagai guru kesenian.

Atas kejadian yang dialaminya tersebut ia kemudian melaporkan pungli tersebut ke Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat  (LAPOR) lapor.go.id. Ia juga menyertakan beberapa barang bukti pungli tersebut.

Tidak lama berselang, ada sejumlah oknum atau petugas yang mencari pelapor dan banyak orang yang tertuduh akan hal itu. Husein pun mengaku bahwa dirinya yang melaporkan pungli tersebut.

Atas pelaporannya itu, Husein dipanggil untuk mendatangi kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran. Ia diancam untuk dipecat sebagai ASN.

Dalam videonya yang beredar di media sosial, Husein mengaku bahwa dirinya disidang selama enam jam oleh belasan orang. Ia juga diminta untuk mencabut laporannya.

Namun, saat itu Husein tetap tidak bersedia mencabut laporannya. Ia juga menceritakan bahwa tidak hanya dirinya yang mendapatkan ancaman, namun juga para rekan guru satu sekolahnya. 

Pada bulan Maret 2022 dia kembali ke Bandung. Setelah setahun berlalu, surat pemecatan sebagai ASN tidak kunjung ia terima, akhirnya Husein memutuskan untuk mengundurkan diri.

Profil Husein Ali

Pria asal Bandung ini bernama lengkap Husein Ali Rafsanjani. Saat pelaporan dugaan pungli tersebut, ia masih berstatus sebagai guru seni di SMPN Pangandaran.

Dalam akun media sosial pribadinya, pria lulusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Pendidikan Seni Rupa dan Desain (FPSD) Universitas Pendidikan Indonesia ini memiliki hobi bermusik terutama di bidang tarik suara.

Hal tersebut dapat dilihat di laman akun pribadinya yang sering mengunggah kepiawaiannya dalam memainkan nada suara. Di luar sebagai tenaga pendidik, Husein ternyata diketahui sebagai aktif sebagai vokalis band.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR