India Bangun Kuil di Lokasi Tanah Sengketa Bekas Masjid Kuno

16 September 2023 08:09 WIB

Narasi TV

Arsip foto - Seorang pria menyentuh lantai di mana patung Dewa Rama akan ditempatkan di sana di dalam Kuil Rama di Ayodhya, India. Foto diambil pada 9 Juli 2023. ANTARA/REUTERS/ADNAN ABIDI.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

 
Tahap pertama pembangunan Kuil Rama di Kota Ayodhya, India utara akan selesai Desember tahun ini dan dibuka untuk umat pada Januari 2024, kata  pejabat komite pembangunan kuil itu, Kamis (14/9/2023).
 
Lokasi pembangunan kuil tersebut diperebutkan secara sengit selama bertahun-tahun oleh umat Hindu dan Muslim yang sama-sama mengklaim lokasi itu milik agama mereka.
 
Umat Hindu mengatakan tempat itu adalah tanah kelahiran Dewa Rama, dan merupakan tempat suci bagi mereka sebelum kaum Muslim Mughal membangun Masjid Babri pada 1528.
 
Sekelompok umat Hindu menghancurkan masjid itu pada 1992 sampai kemudian memicu kerusuhan yang menewaskan sekitar 2.000 orang di seluruh India yang sebagian besar warga Muslim.
 
Mahkamah Agung India memberikan lokasi tersebut kepada umat Hindu pada 2019 sehingga membuka jalan bagi pembangunan sebuah kuil Hindu, sebuah rencana yang didukung  partai nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri India Narendra Modi.
 
Modi telah diundang untuk ikut serta dalam doa pada upacara pembukaan kuil itu, kata Ketua Komite Pembangunan Kuil Shri Ramjanmabhoomi, Nripendra Misra kepada wartawan.
 
"Lantai satu kuil akan diselesaikan pada Desember 2023 dan setelah tuntas dan segera setelah Dewa pindah ke sanctum sanctorum (tempat suci di kuil).. kami harus mengizinkan umat untuk datang dan berdoa," kata Misra.

Sumber: Reuters via Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR