Indonesia di Urutan Ke-25 Pengembalian Xyloband, Gelang Konser Coldplay Seluruh Dunia

15 Maret 2024 16:03 WIB

Narasi TV

Sejumlah penonton menyaksikan konser grup band asal Inggris, Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Indonesia berada di urutan terbawah pengembalian gelang konser Coldplay (Xylobands). Hal ini terlihat dari peringkat yang diunggah oleh akun Instagram @coldplay.access pada Rabu (13/3/2024).

“Papan peringkat beberapa kota dalam tur yang menghasilkan gelang terbanyak selama pertunjukan!”tulis akun @coldplay.access dalam unggahannya di Instagram.

Dari unggahan tersebut, terlihat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-25 dengan total pengembalian xylobands sebesar 77 persen. Sementara untuk peringkat tertingginya adalah Jepang dengan total pengembalian sebesar 97 persen.

Menurut informasi, jumlah resmi Coldplay Xyloband yang dikembalikan yaitu mencapai 61.600 unit gelang dari 80.000 orang penonton. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pihak manajemen Coldplay kepada TEM Presents dan PK Entertainment selaku promotor.

“Tingkat pengembalian Xyloband untuk konser Coldplay yang berlangsung pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta adalah 77 persen,”ujar Kehumasan Promotor Konser Coldplay Jakarta, Image Dynamics pada Rabu (22/11/2023).

Ada berbagai alasan mengapa penonton tidak mengembalikan Xyloband tersebut. Yang paling umum adalah ingin menjadikannya sebagai kenang-kenangan. 

Padahal, Coldplay mengingatkan penonton untuk mengembalikan Xyloband tersebut sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

Alasan gelang konser Coldplay dikembalikan

Tahun 2023 lalu, Coldplay menggelar konser bertajuk “Music of the Spheres” di beberapa negara di dunia, salah satunya Indonesia. Hal ini disambut antusias oleh para penggemar band asal Amerika Serikat tersebut.

Coldplay juga terkenal sebagai band yang memiliki konsep konser ramah lingkungan. Sejak aktif menyuarakan isu lingkungan, Coldplay terus berusaha agar konsernya menggunakan karbon serendah mungkin.

Ada banyak terobosan baru yang dilakukan Coldplay untuk mengurangi jejak karbon. Misalnya dengan mendukung teknologi hijau baru, tur berkelanjutan, dan super low carbon

Coldplay juga mengampanyekan “one ticket one tree (satu tiket satu pohon)” sebagai komitmennya menjaga lingkungan.

Terobosan lainnya yaitu aksesoris ramah lingkungan bernama Xyloband. Xyloband adalah gelang yang terbuat dari bahan daur ulang. Gelang tersebut bisa menyala dan membentuk irama cahaya selama konser Coldplay berlangsung.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR