iPhone 12 Pancarkan Radiasi Tinggi, Prancis Minta Setop Penjualan

16 September 2023 09:09 WIB

Narasi TV

IPhone 15 Pro dipresentasikan pada acara 'Wonderlust' di kantor pusat perusahaan di Cupertino, California, AS 12 September 2023. REUTERS/Loren Elliott

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Badan pengawas frekuensi radio di Prancis, ANFR, mengeluarkan keputusan tegas terkait iPhone 12, memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan model tersebut karena diklaim memiliki tingkat radiasi elektromagnetik yang melampaui standar yang diizinkan.

Selain itu, ANFR juga meminta Apple untuk melakukan perbaikan pada ponsel-pintar yang telah beredar di pasaran. 

Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh iPhone 12 melebihi batas yang diizinkan, khususnya terkait penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh.

ANFR, Badan Pengatur Frekuensi Radio di Prancis, mengeluarkan pernyataan tegas yang memerintahkan Apple untuk menarik iPhone 12 dari pasar Prancis mulai 12 September karena dianggap melebihi batas penyerapan radiasi elektromagnetik oleh tubuh yang diizinkan.

Hasil uji laboratorium terakreditasi menunjukkan bahwa tingkat penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh mencapai 5,74 watt per kilogram saat ponsel dipegang atau disimpan, melampaui standar Eropa yang membatasi tingkat penyerapan spesifik pada 4,0 watt per kilogram.

Pengujian dilakukan dengan mengukur radiasi elektromagnetik yang diserap pada jarak lima sentimeter dari ponsel.

ANFR meminta Apple untuk segera melakukan perbaikan pada ponsel yang telah beredar di pasaran untuk memastikan bahwa mereka mematuhi regulasi yang berlaku.

Selain itu, ANFR akan memverifikasi mulai tanggal 13 September 2023 apakah iPhone 12 masih tersedia untuk dijual di Prancis.

Apple menyatakan bahwa mereka mematuhi batas paparan yang diizinkan dan akan terus berkoordinasi dengan regulator Prancis untuk membuktikan hal ini.

Namun, regulator di berbagai negara telah menetapkan batas-batas tertentu terkait jumlah radiasi elektromagnetik yang dapat dipancarkan oleh ponsel demi menjaga kesehatan pengguna.

Meskipun begitu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa, berdasarkan penelitian yang luas, tidak ada bukti dampak buruk terhadap kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel.

ANFR meminta Apple untuk menarik iPhone 12 dari pasar Prancis karena dianggap melampaui batas penyerapan radiasi elektromagnetik oleh tubuh yang diizinkan.

Hasil pengujian laboratorium terakreditasi menunjukkan bahwa tingkat penyerapan energi elektromagnetik oleh tubuh mencapai 5,74 watt per kilogram selama pengujian yang disimulasikan ketika ponsel dipegang atau disimpan, melampaui standar Eropa yang mengizinkan tingkat penyerapan spesifik sebesar 4,0 watt per kilogram.

Dalam pernyataan resmi, ANFR menyebutkan bahwa mereka telah memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan iPhone 12 di Prancis mulai 12 September karena model ini melampaui batas penyerapan elektromagnetik oleh tubuh.

Mereka juga menekankan bahwa ponsel yang sudah terjual harus segera diperbaiki oleh Apple untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. 

ANFR juga akan melakukan verifikasi mulai tanggal 13 September 2023 untuk memastikan bahwa iPhone 12 tidak lagi ditawarkan untuk dijual di Prancis.

Menanggapi keputusan ini, Apple menyatakan ketaatan mereka terhadap batas paparan yang diizinkan dan akan terus berkoordinasi dengan regulator Prancis untuk membuktikan kepatuhan tersebut.

Regulator di berbagai negara telah menetapkan batas jumlah radiasi elektromagnetik yang dapat dipancarkan oleh ponsel sebagai tindakan pencegahan terhadap potensi dampak buruk pada kesehatan pengguna.

Namun, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa, berdasarkan sejumlah besar penelitian, tidak ada bukti dampak buruk terhadap kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR