iPhone 16 Pro Max Sudah Resmi Dirilis? Simak Ulasannya di Sini

17 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Seorang tamu memegang iPhone 14 baru di acara Apple di kantor pusat mereka di Cupertino, California, AS, 7 September 2022. REUTERS/Carlos Barria

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Ponsel pintar iPhone 16 Pro Max belum lama ini menjadi usai seorang pengguna TikTok mengunggah video review ponsel pintar tersebut di akun pribadinya.

Video tersebut viral karena Apple sejauh ini belum mengeluarkan informasi apapun tentang iPhone 16. Perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat tersebut juga baru saja merilis iPhone 14 pada September 2022 lalu. Benarkah iPhone 16 Pro Max sudah dirilis?

Ponsel iPhone 16 Pro Max yang viral tersebut pertama kali diunggah oleh akun TikTok bernama @rizkipew. Dalam videonya tersebut, ia menjelaskan hasil pengujian kamera mode portrait yang dinilai sangat baik.

"Ngetes langsung hasil kamera #iphone 16 Pro Max. Harga bersahabat fiturnya segudang! Portrait modenya juara," tulis akun TikTok @rizkipew.

Akun TikTok @rizkipew membagikan beberapa foto yang diambil dengan kamera iPhone 16 Pro Max barunya. Ia mengatakan, hasil fotonya sangat bagus meski tidak melalui proses editing terlebih dahulu.

Selain mode portrait, @rizkipew juga memuji hasil jepretan dalam mode low light. Akun tersebut menulis bahwa foto tersebut terlihat tajam meskipun diambil pada malam hari.

Akun tersebut juga membagikan tampilan bagian belakang iPhone 16 Pro Max. Bentuknya hampir sama dengan model Pro Max yang dirilis sebelumnya dengan logo ikonik Apple. 

Namun, yang membuatnya unik adalah kameranya. Sering disebut sebagai kamera boba, ponsel ini tampaknya memiliki lima lensa di bagian belakang, bukan tiga kamera sebagaimana kamera iPhone 14 Pro Max.

Pelat kamera juga memanjang ke bawah mengikuti peletakan lima lensa dan lampu flash. Hal tersebut juga berbeda dengan bentuk persegi pada seri sebelumnya.

Menanggapi unggahan tersebut, banyak pengguna TikTok lainnya menyangsikan keaslian produk dalam video tersebut, mengingat video tersebut muncul di FYP TikTok dan bukan berasal dari akun resmi Apple.

Ada juga yang meragukan lompatan numerik seri ponsel tersebut dari iPhone 14 ke iPhone 16. 

Beberapa warganet lain juga menyoroti kamera pada bagian belakang iPhone 16. Misalnya, beberapa pengguna mencoba memprediksi bahwa kamera iPhone 20 akan memiliki bentuk layaknya gurita. 

Beberapa pengguna lain juga mengatakan bahwa kamera di iPhone berikutnya akan berbentuk seperti obat sakit maag.

Akan tetapi, informasi mengenai iPhone 16 belum dikeluarkan pihak Apple hingga kini. Produsen teknologi bikinan Steve Jobs tersebut biasanya mengeluarkan seri iPhone secara tahunan sekitar bulan September.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER