iPhone Paling Layak dan Murah Tahun 2023, Tertarik Membeli?

20 Jul 2023 12:07 WIB

thumbnail-article

Beberapa tipe iPhone. Sumber: apple.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apple baru saja merilis versi beta dari iOS 17 pada awal Juni lalu, yang akan terus di-update hingga September. Pengumuman ini dibarengi dengan gosip rilisnya iPhone 15 yang diduga akan rilis pada September, mengingat tradisi Apple merilis produknya pada musim gugur.

Meskipun dibanderol dengan harga selangit, namun tetap saja pengumuman ini sangat ditunggu oleh pecinta gadget di seluruh dunia. Hal tersebut mengingat iPhone adalah jenama dengan pangsa pasar terbesar diseluruh dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia yang mayoritas penduduknya menggunakan smartphone Android?

Sejatinya, ada banyak pengguna iPhone di Indonesia. Namun, pangsa pasarnya hanya menempati peringkat kelima dibawah brand yang mengusung smartphone Android seperti Xiaomi, Oppo, Samsung, dan Vivo. Salah satu yang menjadi alasan adalah harga yang dipatok bagi iPhone cukup tinggi.

Hal tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan karena iPhone memang menyasar market kelas atas dengan menyediakan ponsel premium dan tidak menyediakan ponsel bagi kelas mid-range. Tentu hal ini berbeda dengan jenama lain seperti Samsung yang merilis ponsel flagship, mid range, dan low end.

Hal yang membuat iPhone diminati oleh masyarakat adalah keunggulannya di keamanan, kualitas kamera, kemudahan user interface dan juga status sosial yang auto-naik ketika membawa gawai keluaran Apple. 

Di sisi lain, keluarnya produk baru iPhone akan menentukan harga ponsel iPhone keluaran sebelumnya. Meskipun dapat dikategorikan sebagai ponsel yang cukup sepuh namun beberapa ponsel iPhone keluaran sebelumnya masih sangat layak untuk digunakan di tahun ini.

Daftar iPhone yang masih layak di tahun 2023

Untuk menilai kelayakan iPhone keluaran sebelumnya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengetahui apakah ponsel tersebut mendapat pembaruan IOS atau tidak. Sebagai contoh, iPhone generasi keenam dan ketujuh tidak lagi mendapatkan pembaruan IOS 17 sehingga dapat dikatakan ponsel tersebut hanya layak digunakan di tahun 2023.

Berikut beberapa iPhone keluaran lawas yang masih layak digunakan dan harganya selevel dengan beberapa ponsel mid-range keluaran terbaru:

  • iPhone Generasi 8

Gawai ini terdiri dari dua model yaitu iPhone 8 dan iPhone 8+ dan menjadi model iPhone klasik terakhir yang masih menyematkan tombol home dan poni ikonik khas iPhone.

Rilis di tahun 2017 lalu, iPhone 8 dibekali dengan prosesor Bionic A11 yang mumpuni dan kamera khas iPhone yang bisa bersaing dengan gawai keluaran terbaru.

Harga pasaran iPhone 8 dan 8+ mulai dari 2.5 juta rupiah tergantung dengan kondisi dan besaran memori.

  • iPhone X series

Gawai ini adalah langkah besar Apple yang mengeluarkan ponsel full layar tanpa tombol home ikoniknya dan touch ID. Rilis 2018 lalu, terdapat empat jenis dari iPhone X series yaitu iPhone X, iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max.  

Dibekali dengan prosesor Bionic A12 yang juga terdapat di beberapa gawai Apple lain seperti iPad Air. Harga yang dibanderol untuk iPhone X series dimulai dari harga 4 juta rupiah tergantung dengan jenis, kondisi dan memori.

  • iPhone generasi 11

iPhone 11 rilis tahun 2019 lalu dan hingga kini masih dapat didapatkan di official store iPhone. Meskipun sudah berusia diatas tiga tahun namun gawai ini masih layak digunakan hingga beberapa tahun kedepan. 

iPhone 11 dibekali dengan chipset Bionic A13 dan layar yang sudah dilengkapi Liquid Retina HD yang membuat gambar lebih halus dan detail. Selain itu kamera iPhone 11 juga disebut salah satu yang terbaik.

Harga iPhone 11 sendiri dibanderol 7.2 juta rupiah untuk verdi 64GB dan 9.2 juta rupiah untuk versi 128 GB. Sedangkan untuk harga second dimulai dari 5 juta rupiah.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER