Jadwal Buka Tutup Puncak 24 Mei 2024: Antisipasi Kemacetan Libur Waisak

24 Mei 2024 12:05 WIB

Narasi TV

Penulis: Narasi

Editor: Narasi

Puncak, destinasi wisata populer di Bogor, Jawa Barat, kembali memberlakukan sistem buka tutup dan ganjil genap pada hari ini, Jumat, 24 Mei 2024. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan selama libur panjang Waisak.

Jadwal Buka Tutup Puncak 24 Mei 2024

Sistem buka tutup akan diberlakukan sesuai dengan arah tujuan kendaraan:

  • Menuju Puncak: Dibuka mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.
  • Menuju Jakarta: Dibuka mulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Jadwal ini bersifat situasional dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi lalu lintas di lapangan. Pengendara diimbau untuk tetap memantau informasi terbaru dari pihak kepolisian.

Aturan Ganjil Genap

Selain buka tutup, sistem ganjil genap juga diberlakukan untuk kendaraan roda empat atau lebih yang melintasi kawasan Puncak. Aturan ganjil genap berlaku mulai tanggal 22 Mei hingga 26 Mei 2024, termasuk pada hari ini.

Kendaraan dengan plat nomor ganjil hanya diperbolehkan melintas pada tanggal ganjil, begitu pula sebaliknya. Pelanggaran terhadap aturan ini akan dikenakan sanksi tilang.

Antisipasi Kemacetan

Kepolisian Resor Bogor mengimbau masyarakat yang akan berlibur ke Puncak untuk merencanakan perjalanan dengan matang. Hindari bepergian pada jam-jam puncak kepadatan lalu lintas.

"Kami telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. Namun, kami juga berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan mematuhi aturan yang berlaku," ujar AKP Rizky Guntama, Kasat Lantas Polres Bogor.

Alternatif Wisata

Bagi masyarakat yang ingin menghindari kemacetan, disarankan untuk mencari alternatif wisata lain di sekitar Bogor. Terdapat banyak destinasi menarik yang tidak kalah indahnya dengan Puncak, seperti Kebun Raya Bogor, Taman Safari Indonesia, atau Curug Nangka.

Dengan adanya kebijakan buka tutup dan ganjil genap, diharapkan arus lalu lintas di kawasan Puncak dapat berjalan lancar selama libur panjang Waisak. Mari kita bersama-sama menjaga ketertiban berlalu lintas dan menciptakan suasana liburan yang nyaman.



NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR