Jadwal Keberangkatan Haji 2024 Resmi Dirilis: Jamaah Diimbau Jaga Kesehatan

7 May 2024 18:05 WIB

thumbnail-article

Jamaah haji Aceh kloter 12 saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh pada 2023 lalu. Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Kementerian Agama resmi merilis jadwal keberangkatan  jemaah haji Indonesia. jamaah akan dijadwalkan mulai masuk asrama pada 11 Mei dan secara bertahap diberangkatkan pada 12 Mei 2024.

“Proses pembagian kloter (kelompok terbang) dan penyusunan jadwal keberangkatan dan kepulangan jamaah sudah selesai. Kloter pertama akan mulai terbang pada 12 Mei 2024 ke Tanah Suci,” terang Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab di Jakarta, Minggu (05.05.2024) mengutip laman resmi Kemenag. 

Bagi kloter pertama jamaah haji akan terbang ke Arab Saudi berasal dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, Surabaya, Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang.

“Pada hari pertama, ada 22 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi, yaitu: dua kloter dari Embarkasi Jakarta–Pondok Gede, tiga kloter dari Embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari Embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang,” sebut Saiful Mujab.

Terdapat 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia

Saiful juga mengungkapkan bahwa 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia yang akan melayani pemberangkatan jamaah haji untuk tahun ini.

Yaitu Embarkasi Aceh (BTJ), Medan atau Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta Pondok Gede (JKG).

Kemudian, Jakarta Saudia (CKG SV atau JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar atau Ujung Pandang (UPG).

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12-23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei-10 Juni 2024.

Saipul juga menjelaskan bahwa jamaah haji yang akan diterbangkan sesuai dengan jatah kuota yaitu 241.000 kuota haji. Dari jumlah tersebut, terdapat 213.320 jamaah haji reguler, sedangkan sisanya 7.680 adalah jamaah haji khusus.

Saiful berpesan agar jamaah  calon haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas jelang keberangkatan.

“Jelang keberangkatan, saya menghimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas,” tandasnya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER