Daftar 3 Jalan Tol Baru di Jawa Barat yang Bisa Dilalui Saat Mudik

18 Apr 2023 13:04 WIB

thumbnail-article

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan akses Taman Mekar. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Sejumlah jalan tol baru di Jawa Barat tengah dibangun. Ini merupakan kabar baik bagi para pemudik yang hendak melewati Jawa Barat. Khususnya para pemudik yang bergerak dari Jakarta menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, atau lainnya.

Diperkirakan nantinya akan ada 20 juta orang pemudik yang melintasi wilayah Jawa Barat tersebut. Sementara itu, ada sekitar 15 juta warga Jawa Barat sendiri yang diperkirakan juga akan keluar wilayah saat musim mudik tiba.

Koswara, selaku Kepala Dinas Perhubungan Jabar, mengatakan bahwa akan banyak pemudik yang diperkirakan melintasi jalur tol Trans Jawa. Oleh karenanya, Dinas Perhubungan Jawa Barat telah menyiapkan langkah antisipasi peningkatan pemudik yang melewati tiga ruas tol baru. Dikatakan juga bahwa tol baru di Jawa Barat ini dibuka secara fungsional.

Jalan tol baru di Jawa Barat

  1. Tol Japek 2 Tujuan Karawang - Sadang
  2. Tol Bogor - Sukabumi
  3. Tol Cisumdawu antara ruas Cimalaka - Cipali

Koswara saat kegiatan JAPRI (Jabar Punya Informasi) menyampaikan bahwa tol trans Jawa dan jalan nasional itu kewenangan dari pemerintah pusat. Sedangkan di luar itu akan diantisipasi oleh pemerintah provinsi.

Dalam acara yang dilakukan di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Kamis (13/04/2023) tersebut Koswara mengatakan juga antisipasi yang dilakukan antara lain adalah di pintu keluar tol Japek, Bogor, dan Cisumdawu serta jalan provinsinya.

Adapun untuk Tol Cisumdawu yang dimulai dari ruas Cimalaka-Cipali hanya akan dioperasikan secara situasional. Yaitu jam pengoperasiannya adalah antara pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB. Tol tersebut juga hanya berlaku untuk satu arah, baik arus mudik maupun arus balik.

Ruas Cileunyi-Ujungjaya akan beroperasi secara normal. Koswara berpesan agar pemudik berkendara dengan bijak dan tidak ngebut. Apalagi saat turun hujan.

Pemudik juga tidak perlu khawatir karena akan ada 127 posko pengamanan yang bekerja sama dengan dinas perhubungan kabupaten/kota. Total personel gabungan yang diturunkan untuk mengamankan arus mudik sebanyak 4.500 petugas.

Selain itu, pembatasan angkutan barang juga akan mulai berlaku pada tanggal 15–21 April saat arus mudik. Saat arus balik, pembatasan tersebut akan dilakukan mulai tanggal 24–26 April.

Demikian informasi seputar jalan tol baru berada di Jawa Barat yang sudah bisa digunakan saat mudik lebaran tahun ini.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER